Gubernur NTB Ajak Warga Tongo Tidak Berhenti Tuntut Ilmu Baik Formal & Non Formal

KMCNews – Tradisi Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah mendatangi desa-desa dan tokoh-tokoh masyarakat di pelosok daerah terus dipelihara. Kali ini Gubernur NTB mendatangi masyarakat di Desa Tongo, Kecamatan Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Sabtu 15 Agustus 2020.

Gubernur menemui masyarakat Desa Tongo di Masjid Nurul Yakin untuk mendengar dan menerima sejumlah masukan dari masyarakat Desa Tongo. Ia meminta masyarakat untuk tidak cepat berhenti menuntut ilmu, baik formal maupun nonformal agar tidak menjadi penonton di rumah sendiri.

“Kadang kita lupa karena terus diberikan nikmat, mungkin, dengan sedikit cobaan kita bisa merenung, jangan-jangan ketergantungan kita pada manusia lebih besar daripada ketergantungan kita kepada Allah,” tutur Gubernur.

Ia mengakatakan bahwa selalu ada hikmah dibalik musibah. Oleh karena itu, ia meminta kepada seluruh masyarakat, untuk terus berusaha mendapatkan ilmu yang dapat membangun Desa Tongo kedepannya.

Gubernur menyebutkan salah satu usaha untuk memberikan keahlian kepada masyarakat yaitu membuat pelatihan alat berat. Setelah itu, masyarakat yang terlatih dapat ditempatkan di perusahaan yang membutuhkan operator alat berat.

“Perusahaan akan mengakomodir kita jika kita punya potensi,” terang Gubernur yang kerap disapa Bang Zul ini.

Di akhir penyampaiannya, Gubernur meminta kepada OPD yang ikut serta dalam kunjungan ini untuk menindaklanjuti semua saran, masukan dan permintaan masyarakat demi tercapainya NTB Gemilang hingga tingkat desa.

Sementara Kepala Desa Tongo, Idham Khalid menyampaikan ucapan terimakasih kepada Gubernur dan rombongan atas kunjungannya, sehingga masyarakat dapat menyampaikan aspirasi secara langsung kepada Gubernur.

“Kita bersyukur dan mengucapkan terimakasih kepada Gubernur atas kehadirannya dan memberikan kami kesempatan untuk menyampaikan keluh kesah kami,” ungkapnya.

Idham mengukapkan bahwa salah satu masalah yang disampaikan oleh masyarakat adalah soal ketenagakerjaan. Hal tersebut mendapat respon baik dari Gubernur NTB yang langsung memberikan jalan untuk membuka pelatihan bagi masyarakat.

“Kami yakin Gubernur punya niat baik untuk membangun NTB khususnya Kabupaten Sumbawa Barat,” tegasnya.

Usai berdiskusi dengan masyarakat, Gubernur langsung menuju Pondok Pesantren Al-Furqon yang lokasinya tidak jauh dari masjid tersebut untuk melanjutkan silaturahmi dengan masyarakat setempat.(K-1)