Gladi Bersih HUT TNI, Danrem 162 Wira Bhakti Beberkan Peran TNI Di NTB

KMCNews – Danrem 162 Wirabhakti, Kolonel Inf H. Farid Makruf,M.A menyebutkan “jika rakyat bersama TNI kuat” akan menjadi tema hari jadi TNI ke 72 tahun 2017.

Hal tersebut dikatakan Danrem disela sela Gladi Bersih HUT TNI di Mataram, Selasa (3/10).Menurutnya  tema tersebut dipilih karena TNI lahir dari Rakyat dimasa masa perjuangan Kemerdekaan untuk melepaskan diri dari belenggu Penjajah, sehingga TNI dan Rakyat Ibarat ikan dan air, ruhnya TNI adalah Rakyat.

“Makna yang terkandung dalam hal tersebut adalah TNI tumbuh dan berjuang bersama rakyat. Ini ciri yang tidak boleh pudar, kesejatian itu harus terus ditumbuh kembangkan dan diselaras-serasikan dengan pola pikir kehidupan masyarakat yang semakin modern, sehingga kecintaan akan tetap terbangun sebagai modal pokok, karena bersama rakyat TNI kuat dalam menjaga dan melindungi NKRI,” ungkapnya.

Dikatakan Danrem, kekuatan TNI yang bersandar pada rakyat, merupakan bentuk aplikasi sistem pertahanan semesta yang melibatkan seluruh potensi bangsa untuk turut serta dalam bela negara. Kedekatan dan kebersamaan TNI-Rakyat merupakan inti dan pusat kekuatan dari sistem pertahanan semesta yang dianut.

“Kaitan itu TNI senantiasa membangun mekanisme kerja dan hubungan kelembagaan dengan segenap komponen bangsa, dalam rangka meningkatkan ketahanan masyarakat dan nasional, “ terang Danrem.

Sementara itu, Gladi Bersih dilaksanakan menurut Danrem agar para peserta upacara dapat tampil maksimal menunjukkan identitas sebagai Prajurit TNI yang patut dibanggakan, memberikan keyakinan kepada  rakyat diusianya yang ke 72 tahun, dalam melaksanakan tugas pokok selain perang, jajaran TNI diwilayah NTB telah banyak berkiprah baik dalam tugas untuk membantu Kepolisian dalam meningkatkan ketertibaan, keamanan di Wilayah NTB.

Selain itu, TNI menurut Danrem telah membantu Pemerintah Daerah dalam menyukseskan Program Pemerintah antara lain ketahanan pangan, program pendampingan dan pengawasan membantu perbaikan saluran irigasi pengairan pertanian, ,mencegah ilegal logging,membantu menjaga kelestarian hutan dengan program penghijauan dan reboisasi,masyarakat  karya bakti TNI dalam membantu merehab rumah tidak layak huni,tempat tempat ibadah,pantai asuhan  dihampir seluruh jajaran TNI di Wilayah NTB,melaksanakan Bhakti Sosial pengobatan massal,sunnatan massal,donor darah,pembersihan pantai,serta melaksanakan kegiatan membantu penanggulangan bencana alam.

“TNI selalu hadir ditengah-tengah anggota dan masyarakat, dengan aktif berperan membantu menyelesaikan masalah yang dapat memberikan kontribusi positif demi kemajuan satuan maupun lingkungan dimanapun berada,”pungkas Danrem.

Adapun Gladi bersih upacara diikuti 12 SSK terdiri dari TNI AD,TNI AL,TNI AU,POLRI,MENWA RINJANI,POL PP,PRAMUKA,SENKOM MITRA POLRI,BELA NEGARA, hadir menyaksikan acara gladi bersih tersebut selain Danrem 162/WB, Kolonel Inf. H  Farid  Makruf, M.A. ada juga hadir Danlanal Mataram, Kolonel Mar Djentayu Suprihandoko, Danlanud Kolonel  Pnb Dodi Fernando.(K1)

 

Beri Komentar Di Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *