Era Baru Digitalisasi, Diskoperindag KSB Latih UMKM

Sumbawa Barat, KMCNews – Perubahan pola bisnis seiring perkembangan teknologi yang telah memasuki era digitalisasi sudah sepatutnya dibarengi dengan kesiapan sumber daya yang ada termasuk pelaku UMKM.

Menyadari hal ini Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat melalui Kabid Perdagangan Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan UMKM (Diskoperindag UMKM), Rahadian mengatakan,  pihaknya akan mengupayakan pendekatan digitalisasi bagi pelaku UMKM dengan hadirnya market place lokal, disamping memberikan pelatihan terpadu penggunaan platform digital yang ada, sehingga kedepan UMKM yang ada bisa bersaing dengan produksi dari luar dan terus berkembang serta bertumbuh.

“ Untuk itu, dalam waktu dekat tepatnya tanggal 25 s.d 27 Nopember ini Dinas Koperindag akan mengirim 10 pelapak untuk mengikuti pelatihan dibidang digital marketing oleh dinas perdagangan NTB bertempat di Sumbawa Besar,” ujar Rahadian, kepada KMCNews media group siberindo, Selasa Malam (17/11/2020).

Rahadian mengatakan, untuk menumbuhkan UMKM  bukan hanya pemerintah namun swasta juga diharapkan bisa berpatisipasi,  karena menurutnya nyaris UMKM terbukti mampu menggerakan ekonomi rakyat baik saat krisis maupun pandemi seperti saat ini..

“ Apalagi dengan adanya Pergub NTB terkait bela beli produk lokal, ini akan membuat UMKM akan semakin bergairah kedepan, ini menjadi perhatian bersama baik Pemerintah maupun  swasta yang selama ini bergerak di sector perdagangan,” demikian Rahadian.(K2)