Disos Pastikan 10.096 Keluarga Terdaftar Program BPNT

KMC News, Taliwang – Dinas Sosial (Disos) Kabupaten Sumbawa Barat menyatakan ada sebanyak 10. 096 keluarga terdaftar dalam program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Program tersebut merupakan peralihan program Beras Sejahtera (Rastra) dari Kementerian Sosial Republik Indonesia.

” Ya, sebanyak 10. 096 keluarga terdaftar dalam program BPNT ini. Jumlah penerimanya mengacu pada data keluarga penerima manfaat bantuan sosial beras sejahtera sebelumnya,” kata Sekretaris Disos Sumbawa Barat, Manurung, S. Pd.

Dijelaskannya, Kementerian Sosial sudah mengeluarkan Surat Keputusan untuk keluarga penerima manfaat program tersebut yang direalisasikan pemerintah pusat per bulan Januari 2018 lalu. Sementara pihaknya siap menjalankan program tersebut dimana penerima manfaat akan mendapatkan bantuan dalam pembelian kebutuhan pokok pangan.

“Untuk di Kabupaten Sumbawa Barat sendiri diusahakan bulan Juli ini sudah bisadirealisasikan,”ungkapnya.

Manurung menyebut, masyarakat yang terdaftar dalam program BNPT akan mendapatkan kartu dari perbankan yang telah ditunjuk pemerintah dan dapat dipergunakan untuk membeli kebutuhan pangan.

“Setiap kartu tersebut, nantinya akan terisi setiap bulannya sebesar Rp 110 ribu yang dapat dibelanjakan untuk membeli beras dan telur di warung yang telah dibentuk pemerintah,” terangnya.

Untuk memastikan ketepatan sasaran penerima manfaat program BNPT, Kepala Desa/ Lurah tambah Manurung telah melakukan serangkaian proses verifikasi dan validasi (verval) data penerima Rastra yang ada di aplikasi SIKS NG. Proses verval di dahului dengan Musyawarah Desa atau Musyawarah Kelurahan untuk menentukan jika terdapat KPM yang akan diganti dan KPM penggantinya.

Sementara untuk KPM yang diusulkan sebagai pengganti adalah KPM yang tercantum di dalam Basis Data Terpadu (BDT).

” Jadi kuota penerima bantuan yang telah kita usulan itu telah melalui validasi dan verifikasi secara benar. Bantuan ini juga dalampenyalurannya kita pastikan akan tepat sasaran dan dihajatkan kepada masyarakat yang layak menerima,”pungkasnya. (K1)