Disemprot Disinspektan, Dokumen Persyaratan Pencalonan Pasangan F3 Diterima KPU

KMCNews –  KPU Kabupaten Sumbawa Barat melakukan penyeprotan disinspektan dokumen persyaratan pencalonan pasangan calon F3 (HW Musyafirin – Fud Syaifuddin) terlebih dahulu sebelum diterima.

Ini dilakukan mengingat pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 ditengah Covid-19 mewajibkan segala proses mengikuti standar protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

Pendaftaran pasangan calon F3  yang mengawali pendaftaran siang tadi, Jum’at (4/9/2020) ke KPU setempat, nampak dikawal dan awasi aparat Kepolisian dan TNI yang terus mengingatkan tentang protokol kesehatan.

Di halaman depan Kantor KPU KSB tempat berlangsungnya acara disediakan masker dan disinspektan di pintu masuk, kemudian rombongan paslon yang diperbolehkan masuk juga dibatasi.

Sementara itu, Penyerahan dokumen pasangan F3 diwakili oleh Ketua Koalisi F3 Norvie Aperiansyani (PKS) didampingi sekretaris Andi Laweng (PKPI) dan bendahara H.M Thamzil (Golkar).

Sebelum menerima semua dokumen persyaratan pencalonan, KPU KSB terlebih dahulu memastikan kehadiran pasangan calon F3 berikut pengurus Partai Politik pengusung dengan mengisi daftar hadir sembari menunjukkan KTP-El.

Bakal pasangan calon F3, H.W Musyafirin dan Fud Syaifuddin mengawali pengisian daftar hadir, kemudian disusul Ketua dan Sekretaris Sembilan Parpol pengusung yakni, secara berurutan diawali oleh Ketua dan Sekretaris PDIP Kaharuddin Umar dan Hasanuddin, kemudian Norvie Aperiansyani dan Sakagau (PKS), Mustafa dan Sukardi (Gerindra), Sudarli dan Hasbullah (PKB), Jamaluddin dan Masadi (Partai Nasdem) disusul Aheruddin dan Yudi Ardiansyah (PKPI), M.Nasir dan M. Saleh AR (PAN), Amiruddin Embeng dan Iwan Irawan (PPP)  dan terakhir Syaifullah dan Agus Tuhri (Partai Golkar).

Setelah semua proses daftar hadir Paslon dan pengurus Parpol pengusung serta penyerahan dokumen persyaratan, KPU KSB kemudian melakukan pemeriksaan satu persatu dokumen persyaratan pencalonan.

Sekitar 30 menit pemeriksaan ini dilakukan kemudian Ketua KPU KSB Deni Saputra bersama seluruh komisioner lainnya melakukan rapat pleno sekitar 10 menit.

Usai pleno Ketua KPU KSB menyampaikan jika semua dokumen persyaratan pasangan calon F3 dinyatakan lengkap dan diterima.

Sesi terakhir pendaftaran Paslon F3 yakni sambutan dari Paslon, dalam hal ini Bacabup H.W Musyafirin mengambil kesempatan tersebut dan menyampaikan pesan singkat yakni ucapan terima kasih kepada KPU dan Forkopimda KSB serta mengajak segenap komponen masyarakat untuk mensukseskan pelaksaan pesta demokrasi Pilkada KSB dengan menjaga kondusifitas daerah.

Sambutan Paslon F3 dan Penyerahan Dokumen Persyaratan Pendaftaran Paslon F3

Tahapan Pendaftaran Pilkada KSB 2020

Tahapan pendaftaran pasangan calon Pilkada KSB setelah pendaftaran dokumen persyaratan dari tanggal 4 hingga 6 September 2020, tahapan selanjutnya menurut Ketua KPU KSB Deni Saputra yakni, bagi pasangan calon yang sudah diterima pendaftarannya akan diumumkan ke publik profilnya untuk mendapatkan masukan dan tanggapan dari masyarakat, untuk hal ini KPU akan menerima dari tanggal 4 hingga 8 September.

Kemudian tahapan selanjutnya, pemeriksaan kesehatan di RSUD Provinsi  tanggal 4 sampai dengan 11 September.

“ Untuk pemeriksaan kesehatan ini, Paslon wajib puasa dari pukul 20.00 wita,  karena pemeriksaan kesehatan berlangsung pagi hari sekitar pukul 07.00 jadi paslon belum boleh makan sampai waktu pemeriksaan yang ditetapkan,” terang Deni.

Kemudian KPU KSB akan melakukan verifikasi keabsahan dokumen syarat calon, hasilnya akan disampaikan tanggal 13 dan 14 September, jika ada yang belum sah calon masih diberi kesempatan perbaikan syarat calon dari tanggal 14 hingga 16 September.

Selanjutnya penetapan pasangan calon akan dilakukan tanggal 23 September sehari kemudian tanggal 24 September pengundian nomor urut pasangan calon.

“ Sampai disitu maka tahapan pendaftaran calon selesai,”ujar Deni.

Kemudian tahapan selanjutnya yakni kampanye, tiga hari paska penetapan pasangan calon star jadwal tahapan kampanye dimulai yakni tanggal 26 September selama 71 hari sampai 5 Desember.Sedangkan untuk jadwal pelaksanaan pencoblosan akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020.(K-1)