oleh

Dikes KSB Umumkan akan Bangun Baru Puskesmas Maluk dan Jereweh

Sumbawa Barat – Mendapatkan pelayanan kesehatan maksimal dan nyaman bagi masyarakat dibutuhkan fasilitas yang memadai, disamping peralatan medis yang ada juga dibarengi dengan bangunan yang memadai.

Hal tersebut disadari Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat, melalui Dinas Kesehatan mengumumkan rencana pembangunan baru dua gedung Puskesmas yang ada di dua Kecamatan yakni Kecamatan Maluk dan Jereweh tahun 2021.

Proyek pembangunan Puskesmas Maluk dan Jereweh itu kini tengah dalam proses tender untuk segera dilakukan proses pembangunannya.

“Saat ini dalam proses tender. Keduanya menelan biaya yang cukup besar dari DAK mencapai Rp 7,8 milyar,” ungkap Kadis Kesehatan, H. Tuwuh melalui Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Hendri Kurniawan kepada media, Kamis (22/4) lalu.

Ia menjelaskan, dibangun baru dua PKM tersebut berdasarkan prototipe Permenkes 43 thun 2019 yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehatan sejak 2016. Artinya, bangunan yang lama tidak layak digunakan menjadi standar pelayanan.

“Puskesmas lain juga kita ajukan untuk rehab. Tapi, ini yang disetujui oleh DAK Kementrian,” ungkapnya.

Ia berharap bahwa dalam waktu dekat proses lelang tuntas hingga muncul perusahaan pemenang. Muaranya, hasil pembangunan dapat dirasakan oleh publik.

“Selama masih ada Puskesmas yang tidak sesuai dengan prototipe, itu akan kami usulkan untuk selanjutnya mendapat perhatian dari Kemenkes,” pungkasnya. (*)

Komentar

Komentar Anda

Berita Lainnya