oleh

Dikes KSB Kolaborasi dengan TNI Polri Vaksin Lansia

Sumbawa Barat – Masyarakat lanjut usia (Lansia) rentan dan beresiko tinggi jika terpapar Covid-19, karena itu vaksin untuk lansia menjadi prioritas dilakukan.

Upaya serius dalam vaksinasi lansia dilakukan Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat melalui Dinas Kesehatan, selain dilakukan di berbagai Puskesmas yang ada Pemerintah juga dibantu dan bekerjasama dengan Batalyon Vaksinator TNI – Polri yang telah dibentuk.

Kepala Dinas Kesehatan Sumbawa Barat, H. Tuwuh,SE mengatakan vaksin untuk lansia terus digenjot dengan bekerjasama dengan aparat TNI dan Polri.

Menurutnya, seperti dilakukan belum lama ini di mapolres Sumbawa Barat sedikitnya ada 100 lansia di vaksin.

“ Dalam vaksinasi ini kami menurunkan sejumlah tenaga kesehatan yang ada, kerjasama dengan TNI dan Polri ini agar lebih efektif, tertib dan disiplin,” ujar H.Tuwuh.

Pantauan media pada Jum’at 30 April nampak ratusan lansia dengan menggunakan protokol kesehatan antri dengan tertib untuk di vaksin yang berlangsung di halaman depan Masjid Ar-Rahmatullah Mapolres Sumbawa Barat, satu persatu lansia dari kaum wanita dan pria itu dipanggil satu persatu dan menghadap ke meja petugas, namanya di data kemudian di suntik vaksin.

Salah satu warga yang di vaksin, Haji Bahtiar mengaku merasa nyaman di vaksin, harapannya setelah di vaksin tidak khawatir lagi dengan Covid-19.

“ Dengan divaksin ini kami merasa amanlah, rasanya ya seperti disuntik biasa tidak ada masalah,”ujarnya kepada awak media.

Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Herman Suriyono,S.IK.,M.H dalam keterangan persnya mengatakan, jumlah masyarakat yang mendaftar untuk menerima Vaksin di Mapolres ada sebanyak 105 orang, sebanyak 100 orang diantaranya telah di vaksin dan 5 orang ditunda.

Rangkaian kegiatan ini dijelaskan Kapolres diantaranya, diawali dengan pendaftaran kemudian dilakukanya screaning atau pemeriksaan kesehatan kepada penerima vaksin Covid-19.

“ Baru selanjutnya penyuntikan vaksinasi Covid-19 kemudian observasi selama 30 menit untuk melihait reaksi vaksin kepada penerima,”terang Kapolres.

Selain menerima vaksin, Kapolres menambahkan para lansia juga mendapatkan paket sembako yang disediakan Polres KSB.

“ Masing-masing lansia di berikan paket sembako berupa beras dan paket takjil berupa susu, kurma dan bubur kacang hijau,” tambah Kapolres KSB.

Kegiatan Vaksinasi ini berakhir sekitar pukul 18.00 wita berjalan aman dan lancar, hadir selain Kapolres KSB Herman Suriyono nampak hadir pula, Dandim 1628 Sumbawa Barat Letkol CZI Sunardi,ST.MIP, Kabag Sumda Kompol Ibrahim,Kabag Ops AKP IWan Sugianto, S.H, Kabag Ren AKP Tauhid dan para Kapolres Polres Sumbawa Barat serta puluhan personil Polres KSB.(*)

Komentar

Komentar Anda

Berita Lainnya