oleh

Dikes KSB Ingatkan Warga Selalu Waspada Rabies

Sumbawa Barat – Penyakit rabies dalam  beberapa pekan terakhir telah mengakibatkan Kejadian Luar Biasa (KLB) di Kabupaten Sumbawa.

Sebagai daerah tetangga dengan Sumbawa, Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat melalui Dinas Kesehatan menhimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap penyebaran penyakit rabies.

Kepala Dinas Kesehatan H Tuwuh, SE melalui Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Erziawaty S.KM pada media, mengingatkan perlu waspada terhadap penyebaran penyakit Rabies ini berhubung Kabuoaten kita berbatasan langsung dengan wilayah tersebut.

“ Penyakit Rabies atau anjing gila ini di tularkan melalui gigitan, cakaran atau air liur anjing. Namun ada juga hewan lain yg dapat membawa virus rabies seperti kucing,kera,musang atau kelinci,” terang Erzi.

Dijelaskannya,  gejala awal rabies muncul 4-12 minggu setelah tergigit hewan yang terinfeksi yang meliputi demam ,sakit kepala, otot melemah dan gejala selanjutnya kebingungan, gelisah, mual, hiperaktif dan agresif.

Untuk mencegah itu, Erzi mengajak warga KSB untuk jaga hewan peliharaan  agar tidak terinfeksi rabies dengan sering mengecek kesehatan ke dokter hewan dan lakukan vaksinasi.

“ Kemudian segera cari pertolongan medis apabila tergigit oleh hewan apapun termasuk hewan peliharaan, kemudian  jangan mendekati hewan liar, serta melaporkan kepada pfihak berwenang ketika menemui hewan dengan gejala rabies.” demikian saran Erziawati.(*)

Dipersembahkan oleh : Promkes Dinas Kesehatan Sumbawa Barat

 

Komentar

Komentar Anda

Berita Lainnya