Dibawah Umur, Dua Bacaleg Perempuan Dicoret KPU Sumbawa Barat

KMCNews,Taliwang – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sumbawa Barat mencoret dua nama bakal calon legislatif (Bacaleg) perempuan, karena masih di bawah umur sehingga dinyatakan tidak lolos administrasi. Kedua Bacaleg itu dari Daerah Pemilihan (Dapil) I dan III.

“Aturannya, calon legislatif yang diusulkan harus sudah berumur 21 tahun atau di atasnya. Jika di bawah itu, langsung dicoret karena tidak memenuhi syarat usia minimal,” kata Ketua KPUD Sumbawa Barat, Fahroni, SH.

Ia tak menyebut nama bacaleg dimaksud maupun asal partai pengusungnya dengan alasan menjaga kerahasiaan.

Ia hanya mengatakan bahwa faktor usia dalam pencalegan merupakan persyaratan krusial dan partai pengusung wajib mengusulkan bacaleg pengganti agar jumlah caleg tidak berkurang sebelum jadwal perbaikan berakhir.

” Kita sudah memberikan catatan tidak memenuhi syarat (TMS) bagi kedua Bacaleg bersangkutan dan menyarankan kepada Parpol yang mendaftarkan mereka untuk melakukan pergantian,” imbuhnya.

Menurutnya, jika parpol melakukan pergantian maka penggantinya juga harus perempuan. Sebab jika tidak, Parpol bersangkutan tidak bisa memenuhi persyaratan 30 persen keterwakilan perempuan sesuai ketentuan undang-undang Pemilu.

” Proses penggantian itu sendiri dilaksanakan sampai tanggal 31 Juli mendatang, bersamaan dengan akhir masa perbaikan berkas persyaratan.
Setelah masa perbaikan persyaratan administrasi pencalonan, kita selanjutnya akan mengumumkan daftar calon sementara (DCS) pada 8 Agustus dan meminta tanggapan masyarakat atas DCS yang diumumkan. Sedangkan penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) akan dilaksanakan pada 21 Agustus,”tambahnya.

Fahroni menjelaskan dalam verifikasi berkas memang ada dua hal yang diteliti, yakni syarat substansial dan nonsubstansial.

” Syarat pokok itu di antaranya menyangkut usia, ijazah, serta persoalan hukum dari bacaleg yang bersangkutan, “pungkasnya. (KD)