oleh

Dampak Games Online Terhadap Perilaku Anak

Oleh : Tahrid

Perubahan merupakan suatu hal yang akan tetap terjadi oleh setiap orang baik dari usia anak-anak hingga dewasa. Namun apa jadinya Ketika perubahan itu terjadi terhadap ahklak anak-anak yang di karenakan games online yang merajalela yang membuat anak-anak tidak memiliki tatakrama yang baik sehinngga tidak bisa menghargai orang yang lebih dewasa dari pada mereka bahkan Bahasa atau cara mereka berbicarapun seolah-olah seperti orang yang sudah dewasa.

Hal tersebut tentu menjadi masalah khususnya bagi para orangtua yang tidak terlalu meperhatikan anaknya dan memberikan anaknya kebebasa untuk memainkan teknologi masa kini yang dapat di arahkan ke pada hal positif maupun ngatif. Seperti yang kita ketahui di negara Indonesia sedang maraknya gamesnya online yang mulai eksis dari tahun ke tahun, games online ini sudah membuat anak anak keracunan dalam segala hal terutama Ahklak anak. Perubahan ahklak anak yang di akibatkan oleh games online ini sangat banyak, mulai dari tutur katanya yang tidak sopan etikanya terhadap orang tua yang tidak baik dan lain sebagainya, semua itu di karenakan perkembangan gamnes online yang cukup membuat kereasahan. Bagaimana kita akan mengajarkan sebuah ahklak kepada anak-anak apabila pada usia dinipun cara berbicaranya sudah seperti orang dewasa, apakah hal itu pantas??? Tentu jawabanya tidak, akibat games online anak-anak bahkan lupa terhadap ibadah, lupa terhadap kewajiban-kewajibanya yang lain.

Artikel ini saya bentuk menggunakan metode Deskriptip, metode tersebut merupakan metode penelitian berdasarkab deskripsi yang di dapatkan baik informasi yang di dpaakan maupun melalui data data online. Metode ini juga bisa memanfaatkan data data atau contoh nyata berdasarkan faktas berdasarkan materi yang di angkat. Conoth seperti materi yang suda saya bentuk jujudlnya yakni dampak games online terhadap perilaku akan, naaah di sini selain melihat jurnal dan berbagai websaite yang ada saya juga sudah melakukan observasi atau analisis secara lansung tentang dampak games online terhadap perilaku anak. Pada metode ini kita bebas menjalskan materi yang kita angkat namun harus sesuai fakta dan berdasarkan analysis yang sudah pasti sangta teliti di lakukan.

  • Pengertian games online

Games online berasal dari Bahasa inggris, games yang artinya permainan, dan nlien yang teridiri dari 2 kata yakni on dan line di mana on artinya hidup dan line artinya salran, sehingga online memiliki arti saluran yang memiliki hubungan.

Jadi dapat di simpulkan games onine merupakan suatu periamanan yang dapat di lakukan melalui saluran  atau sambungan yang yang menggunakan sinyal atau jaringan internet. Sinyal yang di maksud adalah suatu hubungan atau sambungan yang memungkinkan untuk saling berhubungan antara suattu server jaringan atau sinyal lain.

Games online termasuk suatu permaianan yang memungkinkan seorang pemain tidak harus bermain secara tatap muka lansung sesame pemain games lainya. Games online ini bisa membuat pemain tidak harus berinteraksi ataupun berbicara dengan pemain lain secara lansung. Bebrbeda dengan permainan yang biasa kita jumpai dinkalangan masyarakat yang menggunakan  beberapa anak untuk saling berinteraksi  sosial untuk memulai sebuah permainan.

  • Perkembangan games online  

Semakin berkembangnya teknbologi membuat permainan games online semakin marak dan tentunya ini merupakan kebahagiaan tersendiri bagi para gamers. Terutam dalam kalangan anak anak, karna games online ahklak anak sangatla tidak baik di karenakan games online. Telah banyak kasus tentang ahklak anak yang tidak baik seperti pada saat melakukan sholat anak anak meniru gara emotikon yang ada di games online, hal ini yang memicu ahklak anak sangat tidak baik. Menurut liga games Indonesia, games online muncul di Indonesia pada tahun 2021 yaitu games online yang pertama kali masuk dan menjadi virus sampai sekarang bermula dari games online yang Bernama Nexia Online.

  • Dampak positif games online terhadap anak-anak

Games online juga memiliki dampak positif di antaranya:

  • Melatih fisik

Maksud dari melatih fisik, games online dapat melatih anak-anak untuk bergerak walaupun dalam lingkup ruang yang kecil.

  • Melatih ketangkasan

Bagi anak-anak bermain games online dapat melatih mereka untuk memancing tingkat koordinasi dan kejelian mata anak-anak.

  • Meningkatkan sportivitas

Permainan game online juga memiliki beberapa praturan yang melatih anak-anak untuk dapat lebih patuh terhadap aturan games yang di mainkan.

  • Mengurangi stress

Melalui games online anak-anak juga dapat menghilangkan stressnya, Ketika mereka merasa bosan atau jenuh terhadap suatu kegiatan atau aktivitas yang mereka jalnkan.

  • Menghilangkan rasa kesal/amarah

Melalui games online dapat membuat anak-anak menjadi lebih tenang sama seperti halnya mengurangi stress.

  • Dampak negatif games online

Seperti kedua sisi mata uang yang saling bertolak belakang jika ada dampak positif sudah pasti ada dampak negatif. Ada beberapa hal yang sangat menonjol dari gampak negatif games online ini di antaranya:

  • Kurang tidur

Anak-anak keseringan menghabiskan Sebagian besar waktunya untuk belajar di sekolah dan beraktivitas. Namun mereka ingin tetap bermain games, sehingga banyak anak mengorbankan waktunya untuk begadang demi untuk menyelesaikan games yang dia mainkan, hal ini sudah banyak buykti nyatanya anak-anak lebih minat dalam bermain games dair pada belajar mereka tidak akan memirkan bagaimana tatakrama atau ahklak yang mereka miliki yang terpenting gamesnya yang di kedepankan sehingga membuat anak-anak menjadi generasi yang hancur baik dari sedi adap maupun segi lainya. Permainan games bisa membuat anak-anak menjadi kecanduan sehingga anak-anak akan selalu memainkan games tersebut tanpa henti tanpa memikirkan waktu yang suda mereka lewatkan.

  • Malas

kebanyakan bermain games dapa membuat anak-anak menjadi berprilaku tidak baik dan membuat mereka hanya bisa bermain games sehingga tanpa memikirkan hal-hal lainya seperti beribadah, belajar dan lain sebagainya yang enggan akan di lakukan bahkan tidak akan di lakukan.

  • Makan kurang sehat

Ketika para pecandu games terlalu sibuk dengan permainanya maka mereka akan melupakan segala kegiatan apapun dari mereka. Pecandu games inilah yang akan berlih untuk makan makanan cepat saji yang kurang sehat unutk di konsumsi. Anak-anak yang kecanduan games online akan lebih memilih banyak minum dari pada makan. Minuman yang mereka minum pun berupa minuman bersoda dengan harapan agar mereka mendapatkan kondisi fisik yang prima dari minuman seperti itu.

  • Perilaku agresif

Games membuat akan-anak akan lebih agresif dan selalu mementingkan permainannya sehingga yang mereka harapkan dari sebuah permainan adalah suatu kemenangan. Perilaku seperti inilah yang  menyebabkan anak-anak lebih memilih untuk memasukan dunia mereka ke dunia nyata. Hal seperti ini sangat membahayakan bagi anak-anak yang terlalu kecanduan terhadap games onlie.

  • Gaya hidup buruk

Anak-anak pecandu games online akan mencurahkan semua sisi kehidupanya untuk selalu bermain games sehingga gaya hidup mereka akan sangat buruk apalagi jika di lihat dari sopan santunya kemungkinan bisa di katakana sangat kurang.

Jadi berdasarkan penjelasan di atas kita sudah bisa mengetahui bagaimana dampak games online terhadap perilaku anak. Zaman semakin maju dan berkembang tentunya teknologi akan semakin menggila yang dapat membuat otak anak anak akan kecanduan terhadap hal itu,  seharusnya yang terpenting dalam hal ini peran orang tua di karenakan guru tidak akan bisa mengawasi muridnya selama 24 jam maka orang tua harus memperhatikan anaknya, Ketika anak-anak suda kecanduan dengan games online maka anak-anak akan hancur baik dari segi perilaku ke orang tuanya, gurunya, teman sebayanya dan lain sebagainya.

Indoensia sudah lama mengalami penururnan Pendidikan di banding dengan negara-negara maju lainya, mengapa Pendidikan di negara Indonesia ini tidak pernah maju? Karna ahklak anak anaknya yang kurang baik, mereka di sekolah belajar namun Ketika sampai rumah mereka akan bermain tanpa memikirkan bahwa hal yang mereka lakukan sangat merugi, apalagi Indonesia sedang maraknya di landa games online yang 100% warga Indonesia baik yang masi kecil maupun udah besar sangat menyukai games online, seperti games MOBILE LEGEND, PUGB, dan beberapa games online lainya yang mampu membuat ahklak anak rusak secara cepat.

Bagaimana ingin memajukan suatu bangsa jika generasi penerusnya sibuk bermain games online, bagaimana ingin memiliki pemikiran yang maju jika sibuk memainkan games online, boleh saja bermain games namun tidak harus setiap waktu karna memang setiap orang memiliki caranya sendiri untuk menghilangkan kejenuhan, namun jika bermain games hingga kecanduan maka para gemers tersebut akan lupa dengan segalanya hal inilah yang membuat perilaku mereka sangat menurun drastic.

Jangan sibukkan diri kita dengan bermain games online di karenakan orang asing sedang sibuk belajar agar bisa menguasai negara kita, jika ingin menjadi tuan di negara sendri maka usahakan terus blajar tanpa kenal Lelah bukan bermain games yang ujung-ujungnya membuat rugi dalam hal apapun.

)* Penulis adalah Mahasiswa  Universitas Islam Negeri Mataram Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

 

 

Komentar

Komentar Anda

1 komentar

Berita Lainnya