oleh

Ciptakan Wartawan Cilik, SDN 4 Maluk Gelar Workshop Jurnalistik

Wartawan KMC News Ngisi Sebagai Pemateri

Maluk – Upaya ciptakan wartawan cilik dilingkup sekolah dan mengasah kemampuan bakat siswa-siswi dibidang ilmu menulis, Sekolah Dasar Negeri 4 Maluk, Kabupaten Sumbawa Barat melaksanakan pelatihan Jurnalistik diruang kelas, pada kamis 29 april 2021.

Kegiatan ini, diinisiasi oleh calon Kepala Sekolah diikuti peserta sebanyak 40 siswa-siswi serta guru dengan tujuan mengedukasi dan memberikan pengetahuan, kemampuan menuangkan ide pikiran dalam bentuk karya tulis.

“Kegiatan seperti ini akan kami (sekolah) programkan dalam bentuk ekstrakurikuler seperti majalah dinding (Mading) sehingga kedepan mampu menciptakan wartawan cilik nanti, itu target kami membina siswa” harap, Syahdi, S,Pd.

Menurutnya, dengan adanya pelatihan seperti ini, para siswa bisa mengenal lebih jauh dunia jurnalistik dan memberikan keahlian menulis dimasa depan.

“Dari 6 calon kepala sekolah di KSB yang melaksanakan dan saya lebih cenderung memilih tema pelatihan Jurnalistik untuk siswa, karena ini salah satu mengasah embrio menulis pada anak. Banyak orang bisa baca, tapi belum tentu bisa tulis dalam kaidah jurnalistik” kata, calon Kepsek SDN 4 Maluk.

Sementara itu, Irfan, S.Pd menyampaikan, penerapan materi kepada peserta harus menarik sehingga siswa-siswi merasa betah mengikuti proses pelatihan untuk mengasah kemampuan, keterampilan dalam menulis.

“Penyampaian materi sembari bermain. Contoh, saya mengambil alat peraga segitiga sama kaki, dimana alat peraga tersebut saya balik (menjadi piramida terbaik), yang menggabarkan bahwa unsur paling atas merupakan unsur sangat penting dalam sebuah berita (klimaks), sedangkan yang ditengah unsur penting (isi/fakta dari klimaks) dan paling bawah adalah tambahan isi berita” papar, pemateri dari wartawan KMCNews.

Irfan, S.Pd – Wartawan KMC Media Group, Pimpinan Media JMSNews Jadi Pemateri

Dalam pelatihan, siswa juga mendapatkan materi tentang unsur penting sebuah berita yang meliputi 5W dan 1H. setelah dikenalkan dengan tugas wartawan dan proses pembuatan berita dan teknik wawancara.

“Setelah menyampaikan materi, peserta dianjurkan saling wawancara dengan temannya dan hasil wawancaranya ditulis untuk dikumpulkan” jelas, Irfan, mantan guru SMKN 1 Maluk itu.

Diahir kegiatan yang dihadiri oleh Ketua Komite sekolah, Korwil Pendidikan, Kepsek SDN 01 Maluk serta para guru. Para peserta pelatihan dibentuk langsung kepengurusan komunitas wartawan cilik (KWC) dengan pembinaan dari pihak guru sekolah dan juga pelaksanaan pelatihan jurnalistik dilakukan dengan mengutamakan penerapan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.(K-If)

Komentar

Komentar Anda

Berita Lainnya