Cetak Entrepreneur Muda Digital, Akademi InspiRadzi Gandeng UIN Mataram

KMCNews – Akademi InspiRadzi, salah satu institusi pendidikan non formal yang mengusung konsep digital marketing berbasis Syariah, menandatangani perjanjian kerjasama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram dan mengadakan Seminar Syariah Preneur dan Digital Marketing yang bertempat di Auditorium Kampus 2 UIN Mataram, Senin (24/2/20).

Kerjasama ini mempunyai maksud dan tujuan yaitu menjadikan mahasiswa UIN Mataram sebagai pelaku Usaha Berbasis Digital (Digi Preneur) yang handal melalui seminar dan pelatihan Digital Network Marketing (Jaringan Pemasaran Digital) InspiRadzi atau selanjutnya disebut DNM InspiRadzi, menjadikan mahasiswa UIN Mataram sebagai pelaku ekonomi secara nyata terutama kegiatan ekonomi yang berbasis syariah, membantu kampus untuk mencetak para lulusan agar dapat menjadi pengusaha bisnis syariah (syariah entrepreneur), membantu kampus dan mahasiswa untuk dapat lebih berperan dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Akademi InspiRadzi bermaksud bermitra dengan perguruan tinggi di Indonesia untuk mengadakan training di kampus dengan menargetkan mahasiswa sebagai entrepreneur. Karena mahasiswa merupakan calon pemimpin masa depan. Dengan memupuk jiwa kewirausahaan melalui program bisnis yang syariah merupakan salah satu jawaban untuk kemandirian ekonomi,” kata Dato’ Dr. H. MD. Radzi Saleh (Pendiri Akademi InspiRadzi), memberikan sambutan.

Menurutnya dengan mengedukasi angkatan muda dengan program kewirausahaan, berarti akan membuka ‘pintu’ menumbuhkan semangat kewirausahaan untuk membangun ekonomi syariah menuju masyarakat madani. Serta dengan bangkitnya kewirausahaan di kalangan angkatan muda akan menjadi jawaban untuk mengurangi masalah ketenagakerjaan, ketimpangan daya tampung lapangan kerja, berpotensi membuka lapangan kerja baru dan yang pasti sektor kewirausahaan merupakan penggerak nyata roda perekonomian nasional.

“Dukungan dari kampus-kampus untuk program Digi Preneur ini sangat penting, karena dengan kemitraan strategis antara Akademi InspiRadzi dengan kampus-kampus, program ini diharapkan dapat menjangkau dan merangkul lebih banyak mahasiswa untuk ikut serta menjadi bagian dari program menarik ini,” lanjutnya.

Sementara Rektor UIN Mataram, Prof. Dr. H. Mutawalli, M. Ag. tidak hanya mahasiswa yang akan mendapatkan keuntungan, pihak kampus juga akan diuntungkan dengan kemitraan strategis yang saling menguntungkan ini. Karena program Digi Preneur merupakan program pelatihan bisnis yang dilakukan oleh trainer yang professional dengan modul pelatihan yang telah teruji berhasil dan telah melahirkan banyak pengusaha muda.

“Kami sangat mengapresiasi kerja sama ini, program yang menjadi edukasi untuk memupuk semangat kewirausahaan sejak awal dan semangat kemandirian ekonomi. Perberdayaan mahasiswa secara pengetahuan dan pelatihan merupakan langkah awal untuk pemberdayaan masyarakat dan bagian dari program kebangkitan ekonomi secara nyata. Program ini hadir di kampus sebagai salah satu bentuk nyata mengajak kampus dan mahasiswa untuk menjadi bagian dari pelaku pemberdayaan masyarakat secara ekonomi,” jelas Mutawali.

Acara ini dihadiri oleh Dato’ Dr. H. MD. Radzi Saleh (Pendiri Akademi InspiRadzi), Prof. Dr. H. Mutawalli, M. Ag. (Rektor UIN Mataram) dan Dr. H. Ahmad Amir Aziz, M. Ag. (Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Mataram). Serta mengundang pembicara seminar yang ahli dalam bidangnya, baik dari dalam dan luar negeri yaitu SCA Harmen Hadi (Praktisi Digi Preneur), CA M. Amin Holle (Praktisi Digi Preneur), dan Ahmad Hilman Bin Zuhairi (Young Entrepreneur dari Malaysia), serta ratusan mahasiswa UIN Mataram.

Akademi InspiRadzi merupakan institusi pendidikan non formal yang menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan bisnis yang mengusung konsep digital marketing berbasis syariah. Yang mempunyai visi menjadi bagian dari penggerak enterpreneurship syariah di kalangan generasi muda, menjadi salah satu motor penggerak enterpreneurship digital marketing, melatih calon pemimpin masa depan untuk menjadi enterprenur sejak awal masa pendidikan. Dengan misi melahirkan entrepreneur syariah dari kalangan anak muda. (*)