Camat Taliwang Bangun Gerakan Lapor RT Sebagai Ujung Tombak

KMCNews – Pasca ditetapkannya Sumbawa Barat sebagai Zona Merah Coronavirus Disease (Covid-19) perlu upaya pencegahan dan penanganan lebih massif dan terstruktur di tengah masyarakat.

Menyadari hal ini, Camat Taliwang Aku Nur Rahmadin, S.Pd akan memfokuskan pengawasan melibatkan RT sebagai ujung tombak atau minimal kepala Lingkungan.

Saat ini dilaporkan pihak Desa dan Kelurahan menurut Camat yang murah senyum ini, sudah mulai mengamankan wilayah masing-masing.Bahkan ia mengaku sejak tadi malam sampai siang ini terus dilapangan untuk menghimbau dan menenangkan masyarakat.

“ Bila perlu nanti ada posko tingkat RT, dan minimal ada gerakan melapor kalau ada warga atau tamu yang baru datang dan atau ada warga yang sedang batuk pilek segera lapor dan diawasi,” ujarnya kepada KMCNews, Senin (20/4/2020).

Taliwang merupakan Kecamatan yang menjadi jantung KSB, dilaporkan sebelumnya jika satu warganya positif Covid -19, Pemerintah KSB pun melalui gugus tugas terus melakukan upaya contac tracking dan diharapkan warga yang merasa pernah melakukan kontak dengan pasien positif tersebut dengan kesadaran sendiri untuk melapor dan lakukan karantina mandiri.

Sementara itu, sejauh ini sudah ada puluhan warga yang melaporkan diri dan melakukan pemeriksaan, selain itu 10 orang tenaga kesehatan di RSUD Asy Syifa dilaporkan kontak erat dengan PDP positif Covid-19, dan dari jumlah tersebut menurut Direktur RSUD Asy Syifa dr. Carlof seperti dilansir media sebelumnya, kemungkinan dari jumlah tersebut akan bertambah, saat ini pihaknya masih melakukan upaya contac tracking.

Kemudian terhadap tenaga kesehatan (Nakes) ini akan dilakukan karantina mandiri, namun siapa saja Nakes yang akan dikarantina mandiri masih melihat kondisinya sembari memastikan pelayan rumah sakit tidak terganggu dengan Nakes yang dikarantina.(K1)