Bupati: Pemuktahiran Data Penduduk Mutlak Dilakukan

KMCNews, Sumbawa Barat – Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M memint agar pemuktahiran data kependudukan selalu berjalan mengikuti perubahan di tengah masyarakat.

Demikian ditekankan Bupati saat membuka Sosialisasi Pemanfaatan Data Kependudukan Pada Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Kependudukan dan Pencatatan Sipil Berbasis Online. Kegiatan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil KSB ini dilaksanakan di Hotel Grand Royal, Rabu (14/11/2018).

‘’Data kependudukan mutlak dimuktahirkan, ini data manusia, harus terus diperbaharui sesuai perubahan di masyarakat, sehingga ada data terpadu, jangan sampai ada perbedaan data,” kata Bupati.

Disebutkan bupati ada empat fokus gerakan tertib administrasi kependudukan. Pertama, sadar kepemilikan dokumen kependudukan. Kedua, sadar pemuktahiran data kependudukan, tentunya Disdukcapil harus bisa bekerjasama dengan Kecamatan, Kelurahan/Desa, hingga tingkat RT, termasuk Agen PDGPR. Keempat, sadar pemanfaatan data kependudukan, pihak yang berkepentingan bisa memanfaatkan data kependudukan. Keempat, sadar melayani administrasi kependudukan, yakni sikap dan prilaku aparatur untuk melayani masyarakat dengan baik.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil KSb, Ibrahim, S.Sos., M.M dalam laporannya menyampaikan, Pemerintah telah memudahkan proses administrasi kependudukan. Jika sebelumnya masyarakat mengurus dokumen kependudukan dimulai dari tingkat desa/kelurahan dan berakhir di Disdukcapil. Tetapi kini, masyarakat cukup mendatangi Disdukcapil saja. Disdukcapillah yang kemudian akan memberitahukan ke Kecamatan hingga desa/kelurahan terkait dokumen kependudukan warganya.

Peserta sosialiasi ini berasal dari unsur Organisasi Perangkat Daerah Pemda KSB, instansi vertikal, Komisi Pemilihan Umum KSB, Panwaslu KSB, Kecamatan, Kelurahan dan Desa. Sementara narasumber sosialiasi adalah pejabat Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.(K-1/*)