Bulan Muharram, Ada Lomba “Melala” Minyak Sumbawa di KTC

KMCNews – Masyarakat Sumbawa punya tradisi khusus di Bulan Muharram, yang selama ini turun temurun berada di tengah-tengah masyarakat yakni “Melala” (Mengolah) minyak Sumbawa.

Menyambut tahun baru Islam atau di Bulan Muharram 1441 Hijriah, di Komplek Kemutar Telu Center (KTC) Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat, melala minyak Sumbawa akan digelar secara akbar dalam bentuk perlombaan, yang melibatkan ribuan warga KSB yang selama ini memiliki keahlian khusus dalam meramu minyak Sumbawa yang kesohor tersebut.

Ketua Panitia sekaligus inisiator acara, H. Zaidul Bahri menyatakan, lomba melala akan digelar pada tanggal 11-14 Muharram atau 11-14 September mendatang.

” Kebetulan tahun Hijriah di bulan Muharram tahun 1441 ini, hitunggannya sama dengan kalender Masehi di bulan September, jadi hitungan gampang diingat, nah kita ambil waktu acaranya diatas tanggal 10, karena diatas tanggal tersebut diyakini masyarakat kita sangat mujarab untuk melala” ujar Deden sapaan akrabnya.

Ia mengatakan, selain melala akan ada juga lomba ratop rabana ode yang akan digelar di KTC, semua kegiatan nantinya akan diberi label Festival Muharram Sumbawa Barat 1441 Hijriah.

” Sebagai kegiatan pamungkas dalan Festival Muharram kita akan gelar Tabkiq Akbar bersama Ustad Zacky Mirza,” demikian ujar H. Zaidul Bahri, S. H (K-2)