BNN KSB Ajak Peserta Fun Walk Perangi Narkoba

KMCNews, Taliwang – Seribuan peserta fun walk (jalan santai) menyesaki Taman Tiang Enam pada peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2018 dirangkai dengan HUT RI Ke-73.

Fun walk tersebut dilaksanakan BNN Sumbawa Barat bekerja sama dengan Pemkab setempat, DMB, PT. AMNT dan Kabar Media Citra (KMC).

Pantauan media, peserta fun walk didominasi pemuda, ibu-ibu dan anak-anak yang hadir sejak pukul 07.00 Wita. Peserta secara bergelombang datang menyesaki Taman Tiang Enam setelah sebelumnya berjalan sekitar 2 KM dari lapangan Graha Fitrah Komplek Kemutar Telu Center (KTC) Taliwang yang dilepas Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Barat DR.Ir. H. W Musyafirin MM – Fud Syaifuddin, ST.

Raut wajah gembira terpancar dari peserta. Mereka sabar menunggu Panitia kegiatan untuk kemudian mengungumkan sederetan nomor undian.

Kepala BNN Sumbawa Barat, AKBP Huri Nugroho, mengatakan kegiatan yang dilaksanakan tersebut sebagai bentuk menggencarkan sosialisasi bahaya narkoba yang tujuannya meningkatkan wawasan dan menekan jumlah penyalahgunaannya.

” Salah satu targetnya adalah generasi muda. Apalagi peredaran narkoba ini sedang mengancam kehidupan bangsa,” ungkapnya.

Ia mengimbau masyarakat, khususnya para ibu, untuk selalu mengawasi perilaku anak-anaknya. Mereka juga harus mengetahui jenis narkoba yang beredar di masyarakat agar terhindar dari ancaman bahaya narkoba.

”Selain melakukan tindakan, kami juga gencar melakukan sosialisasi ke berbagai kalangan salah satunya kalangan pelajar. Mereka harus mengetahui jenis-jenis narkoba dan mengajak anak-anaknya untuk tidak mencoba atau mengonsumsi, Narkoba,” ungkapnya.

BNN tambah Hanuri terus berkoordinasi dan menjalin kerja sama dengan seluruh instansi pemerintah dan swasta, komunitas masyarakat, termasuk media massa, agar perkembangan narkoba bisa dicegah dan bersama-sama menumpas peredarannya.

“Tujuannya untuk mempersempit ruang gerak pengguna dan para pengedar narkoba. Selain masyarakat, sosialisasi pencegahan bahaya narkoba juga diberikan kepada seluruh kalangan pelajar. Dengan harapan mereka bisa menjadi penggerak di keluarga dan tempat tinggalnya,” tandasnya.

Sementara itu Bupati Sumbawa Barat, DR.Ir. H. W Musyafirin MM menyebutkan, penyalahgunaan narkoba sudah masuk ke berbagai kalangan masyarakat mulai dari pejabat publik, artis, masyarakat biasa, bahkan anak-anak.

Oleh karena itu, ia mengimbau dan mengajak seluruh masyarakat untuk berkomitmen dan menyatakan perang terhadap narkoba.

” Para orang tua harus terus memperhatikan perkembangan anaknya. Bila ditemukan perilaku perubahan sikap, jangan dibiarkan, karena siapa tahu anaknya sudah terpengaruh narkoba,”ujarnya.

Narkoba merupakan musuh nyata yang dapat merusak generasi bangsa. Sehingga untuk pemberantasannya menjadi PR bersama.

” Yang terpenting juga perlu adanya edukasi serta pemahaman yang gencar dilakukan tentang bahaya penyalah gunaan narkoba mulai dari keluarga,”pungkas Bupati. ( K.SZI/ K D)