Belum Jelas Jadwal Putaran Liga 3 Rayon NTB

KMCNews, Sumbawa Barat – Pelaksanaan jadwal lanjutan Kompetisi Liga 3 Rayon NTB hingga kini belum jelas, apakah akan digulirkan atau tidak.Ironisnya, padahal kepengurusan Asprov PSSI NTB baru saja terbentuk, yang sudah seharusnya lebih intent menghadapi Kompetisi tahunan yang menjadi agenda utama PSSI tersebut.

Kabar lainnya menyebutkan, jika belum jelas jadwal pelaksanaan putaran Rayon NTB, menyusul Asprov PSSI NTB belum memiliki dana untuk menggulirkan Kompetisi amatir tersebut, dimana untuk putaran Sub Rayon Pulau Sumbawa dan Pulau Lombok saja, honoraririum perangkat pertandingan belum dilunasi.

Anggota Exco Asprov PSSI NTB, Manurung, S.Pd ketika dimintai keterangan mengakui jika jadwal lanjutan Liga 3 Rayon NTB belum ada, menurutnya jadwal yang telah disusun sebelumnya untuk Rayon NTB seharusnya sudah berlangsung mulai 11 Agustus lalu.

“ Melihat jadwal ini, artinya sekarang sudah lewat dan diundur,”ujar Manurung, sembari mengatakan belum dapat memastikan kapan jadwal yang diundur tersebut.

Menyinggung honorarium perangkat pertandingan putaran kompetisi sebelumnya, ia mengaku jika belum turun.Menurutnya yang menjadi tanggung jawab Asprov PSSI dalam putaran Kompetisi Sub Rayon adalah Honorarium Perangkat Pertandingan, seperti wasit dan pengawas pertandingan.

Dikatakan Manurung, pembiayaan Kompetisi Liga 3 yakni sharing antara tuan rumah dan Asprov PSSI, seperti pada putaran Sub rayon Pualu Sumbawa misalnya, dijelaskan untuk biaya transportasi, akomodasi dan uang saku perangkat pertandingan termasuk keamanan dan medis menjadi tanggung jawab tuan rumah, sedangkan honor wasit ditanggung Asprov PSSI.

Seperti diketahui putaran Sub Rayon Liga 3 Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa telah berakhir, PSKT Sumbawa Barat dan Persisum Sumbawa menjadi wakil Pulau Sumbawa sedangkan PS Mataram dan Perslotim Lombok Timur menjadi wakil Pulau Lombok.Keempat club ini akan memperebutkan posisi terbaik Rayon NTB guna menuju putaran Nasional.

Untuk diketahui, Liga 3 merupakan kompetisi sepakbola amatir di Indonesia, dibawah Liga 2. Liga 3 terdiri dari 2 putaran. Liga 3 diawali dengan putaran Provinsi yang dijalankan oleh Asprov yang bersangkutan. Setelah itu, Liga 3 memasuki putaran Nasional, yang terdiri dari 3 babak yaitu 32 besar, 16 besar, 8 besar hingga final. Nantinya akan ada 3 klub yang promosi ke Liga 2.(K1)

Adapun Jadwal tiap putaran ditentukan sebagai berikut:

  1. Putaran di masing-masing Asprov : 1 April – 10 September 2017
  2. Putaran Nasional 32 Besar : 23 – 30 September 2017 dibagi dalam 8 Grup (4 tim di 4 kota)
  3. Putaran Nasional 16 Besar : 21 – 30 Oktober 2017 dibagi dalam 4 Grup (4 tim di 2 kota)
  4. Putaran 8 Besar s/d Grand Final : 24 – 30 November 2017 dibagi dalam 2 Grup (2 tim di 1 kota)

 

 

 

 

 

%d bloggers like this: