Begini Paradigma Baru Program Comdev PT AMNT

KMCNews – Proyek tambang Batu Hijau yang kini dikelolah PT Amman Mineral Nusa Tenggara (PT AMNT), mulai tahun 2018 menginisiasi paradigma baru dalam program Community Development (Comdev) atau pengembangan masyarakat.

Senior Manager Tanggung Jawab Sosial PT AMNT, H. Syafruddin Jarot kepada wartawan di Benete, Rabu (7/3/18) menyatakan, program pengembangan masyarakat kedepan lebih bersifat pengembangan bisnis dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat.

“ Selama 16 tahun sebelumnya kita mengedepankan bantuan masyarakat dalam bentuk hibah, maka kedepan seiring paradigma baru, lebih focus pada pengembangan bisnis bagi kelompok maupun perorangan,”ujarnya.

Adapun bentuk dan besaran support dari PT AMNT kepada kelompok masyarakat tersebut menurut H.Syafruddin Jarot, relatif tergantung dari rencana usaha.

Manager Comdev Bambang Triharyono lebih detail menjelaskan, Visi program Comdev yakni mewujudkan masyarakat atau kelompok sasaran yang mandiri dan berkelanjutan melalui pengembangan usaha ekonomi masyarakat.

Ekonomi masyarakat yang dimaksud menurut Bambang, adalah pengembangan usaha masyarakat berbasis potensi sumber daya lokal agar memiliki nilai tambah lebih baik dengan pasar yang lebih luas, ada pun fokus program Comdev meliputi tiga hal yakni Pariwisata, Agribisnis dan Industri UMK.

Pengembangan disektor Pariwisata menurut Bambang, yakni potensi wisata yang mendorong kegiatan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat, sementara untuk Indutri UMK pengembangan industri usaha mikro kecil di bidang produksi maupun pengolahan produk potensial.

“ Sedangkan dalam Agribisnis adalah pengembangan usaha masyarakat dibidang pertanian, peternakan, perikanan kelautan dalam arti luas,”terangnya.

Kemudian dipaparkan Bambang lagi, prinsip program Comdev yakni kemandirian dan berkelanjutan, keswadayaan,partisipatif, berorientasi tujuan praktis dan strategis, efektif dan efisien serta transparansi dan akuntabilitas, yaitu terbuka untuk diikuti dan diketahui oleh pemangku kepentingan yang mendorong kepercayaan pada semua tingkatan sehingga bisa dipertanggung jawabkan bersama.

Diantara program Comdev yang kini tengah berjalan dan dikembangkan PT AMNT, menurut Bambang yakni budidaya rumput laut di Sagena dan Pabrik Gula Aren di Desa Tongo Kecamatan Sekongkang.(K1)

Tonton Videonya :