Andy Azisi Amin dan Kyai Syamsul Ismain Berlomba Rebut Simpati Rakyat

KMCNews – Semangat sejumlah bakal calon Bupati Sumbawa Barat kian menggeliat jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumbawa Barat 2020 mendatang.

Dua bakal calon selain petahana yang sejauh ini memproklamirkan diri maju dalam kontestasi Pilkada mendatang, masing-masing, Andy Azisi Amin, S.E, M. Sc dan KH. Syamsul Ismain, Lc, nampak paling inten dan seperti berlomba-lomba turun ke tengah masyarakat guna merebut hati calon pemilih.

Pantauan KMCNews, Bacabup Andy Azisi Amin misalnya, nampak dieluh-eluhkan pendukung setianya, ini terbukti dalam beberapa kali turun ke tengah masyarakat, baik diacara sosial kemasyarakatan hingga silaturrahmi biasa disambut hangat masyarakat, mereka seperti sedang bernostalgia dimasa lalu.

H. Andy Azisi Amin di tengah emak emak pendukung setianya dan sejumlah tokoh agama dalam silaturrahmi

Hal ini nampak wajar mengingat Ketua Alumni Universitas Indonesia ini, sudah dua kali tampil dalam Konstestasi Pilkada KSB dan memang dikenal memiliki pendukung yang cukup loyal dan fanatik.

Kepada KMCNews sebelumnya, Andy Azisi Amin menyatakan, kembali tampil di Pilkada KSB, semata – mata ingin berkonstribusi memajukan tanah kelahirannya KSB, terutama fokus dibidang ekonomi dan membangun KSB sesuai cita-cita membangun peradaban fitrah.

Menurut Andy Azisi Amin, Peradaban Fitrah perlu ditopang dengan 3 hal besar yakni, Iman, Ekonomi dan SDM berkwalitas, karena itu menurutnya ketika dipercayakan rakyat memimpin KSB, maka ketiga hal ini akan diimpelementasikan dalam setiap langkah dan program kerja.

Bacabup KH. Syamsul Ismain, Lc tampil dalam Pilkada KSB 2020 sebagai debutan, meski sebagai pendatang baru Ketua MUI tersebut memiliki jamaah yang cukup loyal dan tidak sedikit.

Silaturrahmi Kyai Haji Syamsul Ismain dengan sejumlah tokoh agama dan masyarakat

Ini terbukti, menurut pengakuan pimpinan Pondok Pesantren Himmatul Ummah tersebut, banyak diantara jamaahnya mendorong untuk ambil bagian dalam Pilkada KSB mendatang.

” Meraka jamaah ada yang datang ke Pondok dan ada juga yang minta kami turun ke tengah masyarakat,” ujar Kyai Samsul, kepada KMCNews beberapa waktu lalu.

Kyai Syamsul menyatakan, dorongan kuat dari masyarakat ditangkap sebagai amanah yang datang dari hatinya, karena untuk menggerakkan hati masyarakat pasti ada campur tangan yang diatas, maka perlu disambut dengan baik.

Menurut Kyai Syamsul, tampil di Pilkada sebagai kandidat adalah hak semua orang, karena menurutnya setiap individu memiliki kemampuan yang berbeda dan cara pandang yang berbeda sesuai kompetensinya dalam menyikapi persoalan ditengah masyarakat.Namun demikian persaingan dalam Pilkada ditegaskannya, hendaknya dilakukan dengan cara yang positif terutama dalam menawarkan ide dan gagasan besar untuk mewujudkan harapan masyarakat KSB lebih baik kedepan.

Sementara itu, baik Andy Azisi Amin dan KH. Syamsul Ismain, hingga saat ini belum final akan menggunakan Partai Politik apa saja menuju suksesi mendatang.

Namun ancang-ancang dalam memilih dan berkomunikasi dengan Parpol sudah kelihatan, jika Andy Azisi Amin menjadi salah satu figur yang dikaitkan dengan PKS maka Kyai Syamsul Ismain, disebut-sebut sudah membangun komunikasi awal dengan PBB, PKB dan Partai Golkar.

Kemudian terkait pasangannya, Andy Azisi Amin terakhir dikabarkan inten membangun komunikasi dengan Drs. H. M Nur Yasin (Ustat Nun), selain itu Ketua DPD Partai Demokrat KSB, Mustakim Patawari, S. Tp, M.Si yang juga punya keinginan untuk tampil di Pilkada KSB, sebelumnya menyebutkan jika nama Andy Azisi Amin juga menjadi salah satu figur yang siap didampingi dalam Pilkada mendatang.

Sedangkan KH. Syamsul Ismain disinggung mengenai calon pasangannya, ia mengaku sudah membangun komunikasi dengan dua nama, namun siapa yang dimaksud belum mau dibuka dengan alasan etika politik.

Keakraban Calon Petahana H. Musyafirin dengan KH. Syamsul dalam sebuah momen

Namun disisi lain, sekelompok masyarakat KSB pun ada yang menghendaki jika Kyai Syamsul diharapkan dapat mendampingi Calon Petahana Dr. H. W Musyafirin, M. M, menanggapi hal ini Kyai Syamsul juga tak bisa menampik jika wacana tersebut juga didengar dan menurutnya itu wajar karena politik itu dinamis.

Menariknya lagi, antara Andy Azisi dan Kyai Syamsul, ada juga wacana disejumlah kalangan, keinginan untuk menyatukan keduanya.

Kemudian nama lain yang mencuat disebutkan tampil dalam Pilkada KSB mendatang yakni, Drs. H. M Nur Yasin, namun Ustat Nun ini belum kelihatan ada pergerakkan masif yang dilakukan ditengah masyarakat seperti dua nama tadi sejauh ini, meskipun demikian Ustat Nun dinilai memiliki elektabilitas nomor wahid sebagai calon penantang Petahana Pilkada mendatang, walau belum ada parameter yang secara khusus menghitung, namun diyakini Ustat Nun yang merupakan figur pemenang kedua Pilkada lalu memiliki pendukung yang masih setia.

Bupati Musyafirin dan Wabup Fud Syaifuddin nampak kompak dengan Ustat Nun

Tak heran jika Ustat Nun menjadi rebutan untuk didekati dengan berbagai intrik politik didalamnya, Calon Petahana baik Bupati Musyafirin maupun Wakil Bupati Fud Syaifuddin juga dikabarkan memiliki kedekatan dan hubungan komunikasi efektif, selain Andy azisi Amin dan termasuk Kyai Syamsul juga ada yang mengaitkan dengan Ustat Nun.

Mencermati dinamika yang terjadi sejauh ini, Pilkada KSB mendatang nampaknya akan melahirkan kejutan menjelang tahapan nantinya. (K-1)