fbpx

Amman Mineral Gandeng Belasan Doktor, Untuk Apa ?

KMCNews – Upaya meningkatkan daya saing siswa menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan keterbukaan akses penerimaan siswa di Perguruan Tinggi ternama, perusahaan operator tambang Batu Hijau PT Amman Mineral Nusa Tenggara menginisiasi pelatihan pemantapan materi dan bedah SKL bagi Guru SMA/MA dan SMK yang ada di lingkar tambang.

Tidak tanggung – tanggung, sebanyak belasan Doktor pakar bidang studi pendidikan yang berasal dari Lembaga Pendidikan Progressio dan bekerjasama dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dihadirkan sebagai pemateri dalam kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari kedepan di SMK Maluk, Sumbawa Barat.

Para pakar ini nantinya, akan berbagi ilmu kepada 36 guru berbagai mata pelajaran yang ada dalam UNBK dari SMA/SMK/MA di wilayah lingkar tambang.

“ Tidak mungkin siswa akan berdaya saing jika guru tidak kita tingkatkan kwalitasnya, karena itu kita mulai dari guru yang kemudian akan mentransfer ilmu dari para pakar ini ke siswa,”ujar Anis Mujahid Akbar, Senior Manager Social Responsibility & Long Term Planning PT AMNT, kepada KMCNews, Kamis (10/10/2019) di SMK Maluk.

Anis menegaskan, bimbingan belajar seperti ini merupakan langkah awal dalam peningkatan kapasitas guru dan siswa di Sumbawa Barat umumnya.

“ Untuk tahap awal kita mulai dengan skala lebih kecil, sambil nanti kami evaluasi dan kami harapkan hasilnya maksimal tentu ditandai dengan nilai yang diraih siswa dalam UNBK dan kemampuan siswa diterima di perguruan tinggi ternama, kedepan kegiatan seperti ini akan berkesinambungan dan lebih luas,” tambahnya.

Menanggapi kegiatan ini, Hamdon, S.Pd,M.M Kepala UPT Layanan Dikmen PK-PLK Kabupaten Sumbawa Barat, sangat mengapresiasi langkah dan partisipasi yang dilakukan PT AMNT, apalagi dalam dua tahun terakhir tidak ada kegiatan seperti ini, apalagi menurutnya ditengah kegalauan Provinsi NTB yang berada di urutan kedua paling bawah dalam hasil UNBK selama ini.

“ Saya mewakil kepala Dinas Dikpra NTB, kami sangat berterima kasih dengan PT AMNT,” kata Hamdon.

Meski sangat sulit mewakili NTB secara keseluruhan dalam peningkatan great nilai rata-rata NTB dalam UNBK kedepan, dengan hanya pembinaan yang dilakukan di 3 Kecamatan lingkar tambang tersebut, namun setidaknya menurut Hamdon yang terpenting bagaimana di KSB sudah ada kegiatan bimbel yang dipelopori oleh PT AMNT.

“ Apalagi kedepan PT AMNT sudah berkomitmen, setelah ini sukses dan di evaluasi bisa jadi SMA/SMK dan MA se KSB akan bersama-sama digelar kegiatan bimbel menghadapi UNBK tahun berikutnya,”tambah Hamdon.

Ditempat yang sama, Dr. Rudi Susilana, M.Si selaku koordinator tim dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), menjelaskan, pihaknya selain datang membantu meningkatkan prestasi siswa, juga membuka kerjasama akses studi lanjut SMA/SMK/MA ke perguruan tinggi terutama di UPI bagi siswa dan guru yang ingin meningkatkan kwalifikasi guru baik ke S2 maupun S3.

Timnya nanti menurut Rudy, akan memendampingi guru membedah soal-soal ujian termasuk bagaimana menyusun soal-soal ujian.

“ Perlu diketahui bahwa saat ini, BNSP membuka peluang soal-soal ujian dibuat oleh guru, artinya nanti kalau guru bisa membuat soal yang berkwalitas, jangan jangan nanti yang terpilih berasal dari sini, asal yang penting tadi mengikuti aturan kita akan bimbing selama tiga hari dan nanti kita bisa mengusulkan ke BNSP melalui online,”katanya.

Rudy menambahkan, waktu tiga hari dalam bimbel dirasakan cukup karena soal yang focus diajarkan nanti terkait soal-soal yang dianggap sulit.

Adapun sejumlah doktor pemateri dalam bimbel ini yakni, Dr.Rudy Susilana, M.Si (Koordinator Tim), Dr.Cepi Riyana,M.Pd (ICT), Dr. Afi Fadlillah,M.Hum (Bahasa Indonesia), Drs. Asep Syarif Hidayat,M.Si (Matematika), Dr.Wawan Wahyu (Kimia), Dr.Rini Solihat,M.Si (Biologi), Dr.Muslimin, M.Pd (Fisika), Dr. Ikaputera Waspada,M.M (Ekonomi), Dr.Wilodati,M.Si (Sosiologi), Dr.Ahmad Yani,M.Si (Geografi), Dr. Fazri Nur Yusuf,M.Pd (Bahasa Inggris), Dr.Herlina,M.Pd (Psikolog). (K-1)

%d bloggers like this: