fbpx

Amman Mineral Dibalik Sukses Pokdarwis Jelenga, Wabup KSB Siap Dukung Menuju Kroasia

KMCNews – Kemajuan pembangunan suatu daerah tidak terlepas dari adanya kerjasama dan sinergi program antara Pemerintah, dunia usaha dan komunitas yang ada di tengah masyarakat.

Hal ini terbukti jika ketiga pilar tersebut mampu bersinergi dengan baik mampu mengukir prestasi, seperti yang diraih Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Alam Asri Pantai Jelenga di Kecamatan Jereweh, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat yang berhasil meraih penghargaan “Indonesia Sustainable Tourism Award” (ISTA) Tahun 2019 dari Kementerian Pariwisata.

Keberhasilan ini tidak terlepas dari kerjasama yang baik antara PT Amman Mineral Nusa Tenggara dan Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat.

Pokdarwis Alam Asri terpilih sebagai salah satu pemenang dari total 5 pemenang lainnya karena dinilai memiliki program pemanfaatan ekonomi untuk masyarakat lokal.

Pokdarwis Alam Asri juga menjadi satu-satunya peserta dari Pulau Sumbawa yang masuk dalam nominasi penghargaan ISTA di antara 362 peserta lainnya dari seluruh Indonesia yang turut berpartisipasi.

Menanggapi prestasi yang diraih, Jibrata Utama Arsyah Ketua Pokdarwis Alam Asri menyatakan, apa yang diraih saat ini tidak terlepas dari bantuan perusahaan Amman Mineral Nusa Tenggara, menurutnya perusahaan tambang Batu Hijau tersebut, merupakan mitra Pokdarwis yang telah membantu baik dalam bentuk dana dan pendampingan program.

Wabup KSB Fud Syaifuddin, S. T bersama Deputi pengembangan Destinasi Wisata Kementrian Pariwisata RI di malam pemberiaan penghargaan yang berlangsung Kamis kemarin (26/9) di Hotel The Ritz Carlton, Jakarta

Sedangkan Pemda KSB dikatakan Jibrata, hanya membantu dalam bentuk pelatihan-pelatihan, kedepan ia berharap Pemda KSB dapat membantu dalam proses penyelesaian tata ruang dan pembukaan jalan baru dikawasan destinasi agar akses mudah dilalui oleh pengunjung dan dapat memberikan ruang untuk investor untuk membangun dengan adanya akses jalan.

“ Selain itu, kami berharap Pemda KSB membantu kami menyediakan fasilitas-fasilitas tambahan untuk memancing wisatawan domestik ataupun manca negara untuk berkunjung,” harap Jibrata.

Sementara itu, Managemen Amman Mineral Nusa Tenggara melalui Senior Manager Social Responsibility, Syarafuddin Jarot, mengakui jika Pokdarwis Alam Asri merupakan salah satu kelompok kerja binaan melalui pengembangan obyek wisata Pantai Jelenga.

Menurut Jarot, Amman Mineral membantu pembinaan pokdarwis Alam Asri ini melalui penyediaan berbagai fasilitas wisata di Pantai Jelenga, modal kerja, serta pendampingan dan penguatan kapasitas pengelola melalui pelatihan manajemen usaha pariwisata.

“Selamat kepada Kelompok Sadar Wisata Alam Asri atas penghargaan dari Kementerian Pariwisata. Kami turut bangga dengan prestasi yang berhasil diraih dan menjadi penyemangat kami untuk terus memberikan kontribusi terbaik bagi kemajuan Sumbawa Barat, khususnya dalam pengembangan sektor pariwisata yang menjadi salah satu andalan penggerak roda perekonomian setempat,” kata Syarafuddin Jarot.

Ditambahkan Jarot, Sumbawa Barat sangat kaya akan beragam potensi wisata, termasuk pantai-pantai dengan keunggulan tersendiri, seperti ombak, pasir putih, dan cuaca yang mendukung untuk dilakukan paralayang.

“Bahkan beberapa pantai di KSB sangat berdekatan dengan lokasi tambang Batu Hijau tempat kami beroperasi. Kami berharap agar potensi kekayaan alam yang ada ini semakin bisa dikembangkan melalui kerja sama dengan berbagai pihak dan mampu memberikan manfaat maksimal bagi kemajuan pembangunan di Sumbawa Barat,” tambahnya.

Seperti diketahui “Indonesia Sustainable Tourism Award” (ISTA) tahun 2019 merupakan penyelenggaraan kali ketiga yang digelar Kementerian Pariwisata. Untuk tahun ini, Menteri Pariwisata berjanji jika Pokdarwis Alam Asri bersama pemenang lainnya akan diikutkan oleh Kementerian Pariwisata ke jenjang yang lebih tinggi dalam jajaran top 100 Sustaianble destination di Kroasia.

Menanggapi hal ini, Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin, S.T yang turut hadir mendampingi Pokdarwis Alam Asri di malam pemberiaan penghargaan yang berlangsung Kamis kemarin (26/9) di Hotel The Ritz Carlton, Jakarta, berkomitmen kedepan akan berusaha memberikan suport kepada Pokdarwis Alam Asri untuk terus melakukan upaya-upaya mandiri dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan di seputar Pantai Jelenga.

Wabup KSB bersama Ketua Pokdarwis Alam Asri

Wabup KSB Fud Syaifuddin menyatakan, dengan keadaan pantai yang indah akan sangat berpengaruh positif bila juga dijaga agar lingkungannya bersih seperti penyiapan tempat buang sampah agar tidak sembarangan.

“ Kita juga berusaha agar sinyal komunikasi tersedia di pantai Jelenga, Alhamdullilah juga trasportasi darat ke Jelenga juga sudah cukup baik tinggal kita akan mengajak duduk para pemilik lahan di sekitar untuk dapat membuka jalan sebagai akses langsung ke daerah pantai,” ujar Wabup.

Selain Pemda KSB, Wabup juga menyatakan jika PT AMNT juga sudah membantu dan kedepan AMNT juga diharapkan dapat memberikan bantuan kepada Pokdarwis Alam Asri berupa tempat sampah dan kendaraan roda tiga sebagai kendaraan pembuang sampah sekitar Pantai untuk di bawah ke tempat penampungan sampah.

“ Bagi teman-teman Pokdarwis Alam Asri jangan cepat puas tapi ini menjadi tantangan agar kedepan lebih baik, apa lagi Pokdarwis ini sesuai janji Menteri akan di ikutkan lomba di tingkat Asia minimal di Asia Tenggara dan masuk dalam 100 Destinasi yang akan di promosikan,”demikian kata Wabup KSB, Fud Syaifuddin, S.T (K-1)

%d bloggers like this: