Al Assad Trading Kembangkan Ternak Modern di Jorok Tiram

KMCNews – Dunia peternakan khususnya peternakan sapi di Kabupaten Sumbawa Barat diharapkan lebih menjanjikan kedepan, seiring hadirnya sebuah perusahaan yang focus dan serius investasi dibidang peternakan.

PT Al – Assad Trading berencana mengembangkan peternakan sapi secara modern yang berlokasi di Dusun Jorok Tiram Desa Batu Putih Kecamatan Taliwang.

Menempati lahan seluas 8 hektar, Al Assad Trading dalam bisnisnya berencana akan menjadi sebuah perusahaan lokal pengiriman daging segar ke luar daerah.

“ Plan kami untuk tahap awal nantinya yakni produksi daging sapi segar, kita sudah ada pasar ke kota-kota besar di Indonesia terlebih dulu, pangsa pasar domestik ini cukup besar, “ ujar Assad Alwi Sihab, Direktur Al Assad Trading saat bincang dengan KMCNews, di lokasi perternakan Jorok Tiram, Minggu (28/6/2020).

Assad Alwi Sihab

Sebelum menjadi produk daging segar, menurut Assad tentu yang pertama menjadi perhatian adalah kwalitas daging, untuk memenuhi kwalitas daging yang baik dikatakannya perlu model perternakan yang modern.

Karena itu dengan ketersedian lahan yang cukup mumpuni seluas itu, dikatakan Assad pihaknya optimis sebab usaha yang dikembangkannya mulai dari hulu ke hilir yaitu mulai dari kesiapan pakan, jenis sapi penggemukan, dan metode pemeliharaan sapi semua diatur dalam managemen perusahaan.

“ Keseriusan kami mengolah peternakan ini, misalnya untuk pakan saja, kita siapkan lahan khusus seluas 2 hektar,disini kita sudah tanam tahap awal rumput gajah, dan untuk kawin ternak kita juga sudah atur jenis sapinya yang memungkin kwalitas daging sangat layak dan bagus menyesuaikan harga pasar, jadi semuanya kita tempatkan disatu lokasi ini,” tandasnya.

Kedepan Assad Trading juga berencana akan melayani jual beli  sapi dengan masyarakat, dan membentuk semacam komunitas agar peternak di KSB yang tadinya masih bersifat primitive dapat sama-sama mengembangkan peternakan sapi secara modern, dan pihaknya juga menyiapkan pakan untuk pemenuhan kebutuhan ternak masyarakat luas.

Saat ini Assad Trading untuk tahap awal sudah memiliki 30 sapi yang dikembangkan, untuk selanjutnya dari sapi tersebut akan dikawin silang dengan jenis sapi lainnya, sehingga hasilnya diharapkan kedepan menjadi model sapi di KSB yang layak untuk dijual ke pasar daging.

“ Target kami awal tahun depan semua sudah siap, semua pengelolaan diatur dalam managemen perusahaan, saat ini kami baru tahap persiapan dan penataan lokasi, maklum kondisi Covid ini juga mempengaruhi untuk kami action lebih jauh,” pungkas Assad Alwi Sihab.(K-1)