oleh

Dampak Penggunaan Elektronik (Handphone) Terhadap Akhlak Anak

Oleh : Hasbaiti

Dizaman yang modern dan serba canggih ini mulailah para anak, baik yang ada di kota maupun di desa telah mengenal yang namanya handphone. Di mana biasa kita ketahui dari dulu handphone memang ada, mulai dari handphone yang biasa-biasa sampai handphone serba canggih atau yang disebut Smartphone ada, mulai dari orang yang serba kecukupan sampai orang kaya juga punya handphone ini,hingga sampai zaman sekarang di mana era globalissasi sedang berlangsung banyak orang disekitar kita sudah memiliki handphone yang melebihi batas manfaatnya, maksudnya handphone tidak hanya memiliki fungsi untuk berbicara tanpa bertatap muka tapi juga kita sekarang mengenal yang namanya 4G dimana handphone ini memungkinkan kita untuk ngomong sambi ltatap muka baik bersama rekan senegara maupun dari Negara lain.

Hal inilah yang sering di manfa’atkan oleh para anak maupun para remaja kita di zaman yang serba moderen sekarang ini. Mereka menggunakan handphone ini tidak sesuai dengan keguna’annya, mereka menggunakan handphon ini hanya untuk kesenangan mereka saja seperti menonton flm kartun, bermain game dan hal lain yang membuat mereka lupa akan segala yang harus mereka kerjakan. Bahkan anak-anak sekarang membentak orang tua mereka ketika mereka sedang asik-asiknya bermain game.

  • PENGERTIAN SMARTPHONE

Smartphone adalah telepon genggam yang menyediakan fitur yang berada di atas dan di luar kemampuan sederhana untuk membuat penggilan telepon. Berbagai kemudahan dan kecanggihan yang ditawarkan oleh teknologi ini sehingga menjadikan penggunanya terutama remaja menjadi ketergantungan. Smartphone memiliki banyak manfaat jika digunakan dengan cara yang benar. Namun, penggunaan Smartphone oleh remaja tidak terlepas dari dampak positif dan negatif, bahkan terhadap akhlak remaja.

Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah problematika penggunaan Smartphone terhadap akhlak remaja dan solusi orang tua terhadap problematika penggunaan Smartphone terhadap akhlak remaja di Desa Latitik Kecamatan Simeulue Tengah Kabupaten Simeulue.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak negatif penggunaan Smartphone terhadap akhlak anak.Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan Smartphone lebih banyak membawa dampak negatif terhadap akhlak anak.

Adapun dampak negatifnya yaitu: Menghabiskan waktu, merosotnya moral dan akhlak anak, keagamaan anak menurun dan berkurangnya kepatuhan dan akhlak kepada orang tua. Namun dari hal tersebut, terdapat adanya peran orang tua dalam memberikan solusi terbaik bagi penggunaan Smartphone, diantaranya: Memberikan bimbingan, mengawasi anak dalam penggunaan smartphonenya, membatasi pemakaian smartphone dan mengingatkan untuk beribadah.

  • DAMPAK POSITIF PENGGUNAAN HANDPHONE BAGI AHLAK ANAK

Dampak Positif Penggunaan HP Pada Anak Selama ini sudah banyak ahli dan penelitian yang menunjukkan efek negatif pada anak jika menggunakan gadget sejak dini. Kecanduan gadget dan risiko obesitas adalah beberapa efek tersebut.

Namun, faktanya anak-anak saat ini adalah digital native, atau generasi yang sudah terpapar teknologi sejak lahir.Sehingga menjauhkam teknologi seluruhnya tentu akan sangat sulit.

“Saat ini anak-anak lebih dulu mengenal tombol play, play, dan pause sebelum huruf alfabet,” ujar psikolog anak Annelia Sari Sani, M.Psi. Menurut Anne orang tua tidak perlu khawatir mengenai paparan teknologi sejak dini pada anak, karena gadget juga dapat memberikan dampak positif untuk Si Kecil, asalkan diberikan batasan.

Berikut beberapa dampak positif penggunaan gadget. Adapun dampak positif tersebut anta lain:

  1. Anak Pintar Memilih Informasi

Dengan terbiasa menggunakan gadget, Si Kecil terbiasa mendapatkan banyak informasi dalam sekali klik. Kedepannya ia akan lebih mahir dalam memilah informasi yang ia butuhkan, dia juga dapat mensharering bacaan bacaan doa dalam solat ketika dia tidak menghafalnya.

  1. Cepat Mengambil Keputusan

Pada dasarnya game yang ada dalam gadget memiliki tempo yang cepat. “Anak jadi terbiasa mengambil keputusan dalam waktu cepat,” ujar Anne, sambil mengingatkan orang tua untuk tetap menyeleksi dengan ketat game-game apa saja yang baik untuk Si Kecil.

  1. Berpikir Kreatif

Games membantu mengembangkan pengelihatan tepi (peripheral vision) yang berefek pada kemampuan berpikir kreatif anak.

  1. Kebiasaan Baik

Dengan games yang tepat, Si Kecil juga dapat meniru kebiasaan-kebiasaan baik. Hal ini bisa terjadi karena anak-anak cenderung mencontoh apa yang dilakukan oleh karakter dalam games tersebut.

Walaupun memiliki dampak positif, Anne mengatakan orang tua harus memiliki aturan dan batasan yang jelas tentang penggunaan gadget.“Sebelumusia 2 tahun, anak tidak boleh dikenalkan dengan gadget.Setelah 2 tahun, gadget hanya boleh digunakan maksimal 2 jam per hari,” tukas psikolog Tiga Generasi tersebut. 

  • DAMPAK NEGATIVE PENGGUNAAN HANDPHONE BAGI AHLAK ANAK

Pada era pesatnya teknologi saat ini, dimana semua sudah terinfeksi atau bisa di bilang kecanduan dengan gadget/HP ,informasi pun dapat dengan mudah di temukan melalui gadget/HP, memang efektif di zaman ini kita menggunakan media sosial untuk mecari informasi seperti berita atau hiburan lainnya. media elektronik seperti televisi (TV) dan Radio sudah mulai tidak di minati, tidak seperti zaman dulu , dimana manusia selalu menonton TV atau mendengarkan Radio untuk mencari informasi dan hiburan.

Baca Juga : Dampak Game Online Terhadap Perilaku Anak

Tidak hanya orang dewasa saat ini pun anak -anak di bawah umur sudah banyak yang menggunakan gadget/HP dengan mudah.Seperti anak tahun 2000an yang saya amati sampai saat ini mereka tidak pernah atau melupakan permainan tradisional seperti kelereng,gobak sodor,laying-layang dll sangat di sayangkan. Banyak dampak buruk untuk anak di bawah umur sekitar 5-12 tahun jika sering menggunakan Gadget/HP.

Dampak buruk yang akan terjadi bila orang tua tidak membatasi pengguna gadget/HP kepada anaknya yang masih di bawah umur, seperti :

  1. Gangguan mata terlalu sering menatap layar reflex terhadap mata menjadi berkurang dan sangat rentan membuat mata kering.
  2. Bahaya radiasi ,radiasi Gadget/HP sangat berbahaya bagi perkembangan dan kesehatan anak.
  3. Kurangnya bersosialisasi kemampuan anak untuk berinteraksi terhadap orang lain akan susah.
  4. Anak-anak akan kurang memahami hal-hal yang baik, kurangnya mempelajari hal-hal yang baik karna terlalu fokus pada Hp.
  5. Kemampuan anak untuk belajar juga akan kurang

Jika anak sudah kecanduan oleh Gadget/ HP sebaiknya orang tua harus lebih bergegas untuk membatasi penggunaan Gadget/HP tidak ada kata terlambat untuk mengatasi masalahtersebut. Seperti luangkan waktu anda untuk bermain bersama buah hati anda, hal itu akan membuat anak lupaakan Gadget/HP ,secara perlahan lakukan dan berikan batasan kepada  anak anda dalam menggunakan Gadget/HPnya agar tidak kecanduan.

Jadi kepada semua orang tua hendaknya memperhatikan anaknya, jangan terlalu membiarkan anaknya selalu menggunakan HP karena ini sangat merugikan masa pertumbuhan bagi anak-anak, kalau bisa latilah anak-anaknya dengan hal-hal baik ketika menggunakan Hp, agar ia dapat menggunakan Hp tersebut dengan hal baik, misalnya membaca doa-doa dalam solat, menonton gerakan-gerakan solat agar ia paham akan pentingnya beribadah.

Penulis adalah : Mahasiswa UIN Mataram

Komentar

Komentar Anda

1 komentar

Berita Lainnya