oleh

Wujud Transparansi Ke Publik, Pemdes Kemuning Umumkan APBDes dan LRAPBDes Lewat Baliho

Sekongkang – Sebagai bentuk wujud keterbukaan dan transparansi ke publik terkait APBDes 2021 dan Laporan Realisasi APDes 2020 tertuang tentang rincian Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD) serta Pendapatan Lain. Pemerintah Desa (Pemdes) Kemuning, Kecamatan Sekongkang, Sumbawa Barat memasang Baliho informasi grafis Desa didepan kantor serta publikasi melalui akun media sosial Pemerintah Desa.

Hal itu dilakukan sebagai bentuk menjalankan amanat Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Undang-undang Nomor 06 Tahun 2014 Tentang Desa.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kemuning, Agus Futrahadi, S.Pd memaparkan, penyampaian grafik penggunakan APBDes 2021 dan LRAPDes tahun 2020, merupakan hasil kesepakatan melalui Musyawarah Desa (Musdes) dengan mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) Kemuning.

Selain itu, bentuk transparansi. Pihak BPD menggelar musyawarah bersama aparatur Pemdes serta elemen warga Kemuning terkait dengan Laporan Keterangan Penyelenggara Pemerintah Desa (LKPPD) yang dilakukan pada ahir tahun.

“Penyampaian informasi terkait realisasi dan pelaporan anggaran merupakan suatu kewajiban, Itu memang sudah menjadi bagian dari apa yg kami (BPD) minta ke Pemdes Kemuning sebagai bentuk tranparansi kepada masyarakat dan itu sangat diapreseasi” ujar, Agus

Sementara itu, Kepala Desa Kemuning, Erman maulana, A.md.Kep menyampaikan, publikasi rincian anggaran dalam APBDes 2021 serta LPABDes tahun 2020 melalui baliho yang terpasang depan kantor desa dan media sosial sebagai bentuk tanggung jawab Pemerintah Desa (Pemdes) kepada warga.

“Dengan adanya baliho grafik Desa yang memuat tentang realisasi dan pelaporan anggaran. Kami (Pemdes) Kemuning berharap kepada warga untuk saling mendukung dan ikut mengawasi program pembangunan Desa untuk lebih baik” harap, Erman.(K-If)

Komentar

Komentar Anda

Berita Lainnya