Waspada, Gunung Sangeang Api di Bima Terdengar Dentuman Keras

KMCNews, Bima – Gunung Sangeang Api di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) mengeluarkan bunyi dentuman beberapa hari belakangan ini. Dentuman terdengar jelas di Kecamatan Wera tersebut.

Dentuman tersebut disertai embusan asap yang membuat warga mengira akan terjadi letusan pada gunung tersebut.

Dilansir dari VIVA. co.id Ketua Pos Pengamatan Gunung Sangeangapi, Hadi Purwoko menjelaskan, suara dentuman disertai asap pada gunung disebabkan tekanan fluida berupa gas atau liquid magmatik pada kedalaman dangkal gunung Sangeang Api.

“Terkait akhir-akhir ini, gunung Sangeang Api sering mengeluarkan bunyi dentuman disertai embusan asap yang disebabkan karena tekanan fluida (gas maupun liquid) magmatik pada kedalaman dangkal gunung Sangeang Api (1949 mdpl),” ujar Hadi pada Minggu, 9 September 2018.

Dia menerangkan, saat ini status Gunung Sangeang Api berada pada level II atau waspada. “Saat ini tingkat aktivitas Gunung Sangeang Api level II (waspada),” katanya.

Pos PGA Sangeang Api PVMBG mengeluarkan rekomendasi agar masyarakat dan wisatawan tidak diperbolehkan mendekati dan beraktivitas dalam radius 1,5 Kilometer dari pusat aktivitas gunung.

“Masyarakat di sekitar gunung Sangeang Api dan pengunjung dan wisatawan agar mewaspadai bahaya aliran piroklastik serta tidak diperbolehkan mendekati dan beraktivitas di daerah di antara lembah Sori Wala dan Sori Mantau hingga mencapai pantai, serta pada lembah Sori Boro dan Sori Oi,” imbaunya.

Masyarakat juga tidak diperbolehkan mendekati dan beraktivitas pada semua lembah sungai yang berhulu di pusat aktivitas puncak gunung untuk menghindari potensi ancaman bahaya aliran lahar yang mungkin terjadi pada saat hujan.(K D)

Beri Komentar Di Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *