Warga Seteluk Atas Lumpuhkan Layanan Pemdes

KMCNews, Seteluk – Pemerintahan Desa Seteluk Atas, Kecamatan Seteluk atas dilaporkan lumpuh total. Kelumpuhan di picu akibat aksi protes seluruh staf desa dan didukung masyarakat setempat.

” Ya, layanan kantor desa lumpuh total. Seluruh staf desa menolak masuk kerja akibat mosi tidak percaya kepada kades. Mayoritas masyarakat juga ikut mendukung dengan telah ditandanganinya surat pernyataan tidak percaya kepada Kades,”kata, Maulidan Sulaiman, Ketua Karang Taruna setempat, Senin (13/8).

Ia mewakili masyarakat setempat mendukung langkah yang dilakukan staf desa dan jajarannya. Warga menilai kepemimpinan kepala desa buruk, berbohong setelah banyak fakta penyimpangan yang ditemukan warga.
Masyarakat kata dia, kecewa lantaran kepala desa tidak mengakui kesalahan setelah banyak anggaran desa terkuras untuk kepentingan pribadinya.

Misalnya, penggunaan uang desa untuk membeli mobil pribadi. Staf desa dan jajaran tidak mengetahui dokumen prosedural resmi, sesuai mekanisme pencatatan aset. Sebab anggaran ini di beli dengan uang APBDes.

” Oknum kepala desa ini diduga mengeluarkan anggaran senilai Rp 138 juta dari kas desa untuk membeli satu unit mobil baru. Sayangnya, pembelian itu tercantum atas nama pribadi kepala desa dan tidak didaftarkan sebagai aset desa sebagaimana prosedur yang benar,” imbuhnya.

Hal senada juga dibenarkan Sekretaris Desa (Sekdes) Seteluk Atas, Abdurrahman.

Ia mengatakan, hari ini seluruh staf desa terpaksa tidak ngantor dan menutup kantor desa hingga waktu yang tidak ditentukan, akibat mosi tidak percaya terhadap kepala desa.

“Intinya, kita tidak percaya dengan kepemimpinan kepala desa. Ini kemauan dan inisiatif kita sendiri,” ujarnya.

Sebelumnya, ratusan masyarakat turun ke jalan serta mendatangi kantor desa setempat, ikut memprotes kebijakan kades. Warga juga mendukung langkah seluruh staf desa untuk menolak bekerja dan tidak menjalankan pelayanan sebagaimana biasa. Tidak hanya itu, mayoritas perwakilan Badan Perwakilan Desa (BPD) juga menandatangani berita acara guna mendukung pernyataan sikap masyarajat menuntut kepala desa segera mengundurkan diri.

Pernyataan sikap masyarakat ini di dukung dengan pembubuhan tandatangan sekitar 638 kepala keluarga.

Hingga berita ini dityrunkan warga dilaporkan masih terus menggalang dukungan warga lainnya untuk segera mendukung tuntutan agar kepala desa mundur dari jabatannya. Laporan dan pernyataan sikap ini juga disampaikan ratusan warga ke kantor Camat Seteluk hingga ke Bupati. (K.D/K.SZI)

Beri Komentar Di Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *