Wabub KSB Dorong Desa Kembangkan Sektor Pariwisata

KMCNews, SUMBAWA BARAT – Pemerintah Daerah terus mendorong Dinas Instansi dalam hal ini dinas prawisata untuk mendata destinasi-destinasi yang punya potensi di kembangkan agar menjadi perhatian serius.

Menurut Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin ST, pemerintah daerah terus memberikan kemudahan di bidang pariwisata termasuk akses transportasi dalam mempromosikan wisata baik yang ada di desa maupun tempat lainnya.

“Masyarakat dan pelaku wisata terutama pemerintah desa bisa memprogramkan melalui APBDes selain beck Up dari Pemda. Pemerintah daerah wajib mendukung pariwisata tentu juga harus ada dorongan dari Pemerintah Desa dengan kategori membentuk kelompok wisata atau pokdarwis di tingkat desa atau di setiap destinasi, “ujarnya

Lanjut Wabub, harus ada suport anggaran desa dalam mengembangkan wisata di desa masing-masing.

“Kedepan kita berharap masyarakat desa mendukung program wisata desa ini dengan menjaga kondisifitas, menjaga kebersihan agar para pengunjung yang datang pada wisata desa tersebut dapat nyaman dan dapat senang serta gembira ketika berkunjung ke destinasi destinasi desa yang ada, “imbuh Wabub.

Dari pantauan media di beberapa destinasi desa, sejauh ini minimnya perencanaan akses jalan, listrik, komunikasi dan tata ruang. Infrastruktur adalah kendala dalam mengembangkan pariwisata pedesaan tentunya perlu pemikiran dan dorongan seluruh elemen untuk terus bersama-sama terfokus pada pembangunan pendukung pariwisata.

Secara terpisah Desa Beru Kecamatan Jereweh dalam kerangka kerja pemenuhan dan dorongan partisipasi terhadap tumbuh kembangnya pariwisata pedesaan, Secara data Desa Beru memiliki tiga Destinasi diantaranya Pantai, Air Terjun, dan Destinasi Gua. Dari beberapa destinasi sudah terserap anggaran desa pada dua destinasi wisata dan ini terus teragenda pelaksanaan penyerapan APBDes. (K D)

Beri Komentar Di Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *