oleh

Ustat Ma’ruf Mundur dari PBB, Segera di PAW

KMCNews, Taliwang – Amir Ma’ruf Husain tak lama lagi bakal lengser dari posisinya sebagai anggota DPR Sumbawa Barat. Ini setelah akan diajukannya pengajuan Pergantian Antar Waktu (PAW) terhadap politisi Partai Bulan Bintang (PBB) tersebut.

Pergantian Antar Waktu (PAW) politisi senior ini dibenarkan Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Bulan Bintan Kabupaten Sumbawa Barat Syamsudin Raka.

“Menurut dia, saat ini semua administrasi pengajuan PAW tengah dipersiapkan. Mekanismenya, partai mengajukan PAW ke Sekretariat DPRD, kemudian Sekretariat DPRD mengajukan ke KPUD.
Sekarang prosesnya tengah berlangsung. Hanya tinggal menunggu waktu saja,” ungkap Raka.

Syamsudim Raka tak memberikan jawaban detail apa alasan Partai melakukan PAW. Ia hanya mengatakan proses PAW merupakan dinamika dan konsekuensi politik yang biasa terjadi.

“Kalau bicara alasan itu internal partai. Tapi yang jelas proses PAW tetap dilaksanakan karena ada aturan yang mengaturnya,” jelasnya.

Raka sedikit menyinggung soal tidak dicantumkannya nama yang bersangkutan ke dalam daftar bacaleg yang diajukan ke KPUD setempat pada Selasa (16/07). Menurutnya, hingga saat pengurus partai mendaftarkan bacalegnya, berkas yang bersangkutan belum lengkap sementara waktu dan jadwal pendaftaran sudah ditentukan.

Partai pun, tambah Raka, tidak mempersoalkan atas telah berpindahnya kader tersebut ke partai lain. Keputusan pindah partai menjadi hak yang bersangkutan. Tapi, karena sudah pindah partai dan mengundurkan diri tentunya akan diproses PAW.

“Jadi tidak ada unsur kesengajaan apalagi penjegalan. Yang jelas, yang bersangkutan tidak melengkapi persyaratannya sehingga tidak didaftarkan sebagai Bacaleg,”tandasnya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi disela-sela pendaftarannya melalui partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) di kantor KPUD setempat, Ustad Ma’ruf mengaku, meski telah mempersiapkan seluruh berkas pencalonannya, namun pengurus DPC tetap tidak mendaftarkannya sebagai Bacaleg. Ia bahkan mengaku telah melihat gejala tidak baik beberapa hari sebelumnya dari sikap yang ditunjukkan para pengurus partai. Padahal berbagai upaya telah dilakukan termasuk dengan mendatangi Sekretaris dan Ketua DPC PBB saat mendaftar ke KPU pada Selasa pagi itu, tetapi pengurus partai tetap tidak bersedia memasukkannya ke dalam daftar bacaleg.

“Ini mungkin imbas dari konflik di internal PBB yang sudah berlangsung sekitar dua tahun lalu. Ada sejumlah kebijakan pengurus DPC PBB yang memang tidak saya sepakati. Beberapa kali rapat menjelang pendaftaran bacaleg pun saya tidak diundang. Jadi ending-nya saya tidak masuk dalam daftar bacaleg yang didaftarkan,” terangnya.

Ma’ruf Husain menyatakan siap untuk melepas jabatannya selaku anggota DPRD Sumbawa Barat yang menyisakan waktu sekitar 1 tahun lebih lagi.

“Itu sudah keputusan saya, saya juga siap untuk mengundurkan diri dari Partai Bulan Bintang, dan ini bukan terminal terakhir bagi saya, dan saya yakin di Partai Gerindra semuanya akan menjadi lebih baik. Apalagi dukungan dan support terus datang dari masyarakat,” pungkas Ma’ruf.(K-D)

Komentar

Berita Lainnya