UPP Benete Naik Kelas, Tapi Belum Ada Perubahan Aktivitas Bongkar Muat Kapal

Sumbawa Barat, KMCNews – Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Benete belum lama ini statusnya naik kelas dari UPP kelas III menjadi kelas II.

Namun perubahan kelas sejauh ini tidak dibarengi dengan aktivitas bongkar muat di Pelabuhan setempat, hal ini menjadi sorotan sekaligus pertanyaan anggota DPRD Sumbawa Barat,M. Saleh, S.E.

Menurut anggota Dewan KSB dari Dapil III Jereweh Maluk dan Sekongkang itu, hingga saat ini aktivitas bongkar muat pelabuhan Benete masih tetap sama hanya untuk bongkar muat penumpang Kapal Cepat.

Padahal dikatakannya, ada banyak potensi bongkar muat kapal di dermaga PT Amman Mineral Nusa Tenggara (Amman Mineral) yang semestinya bisa dilakukan di Pelabuhan Benete.

“ Perubahan kelas saya pikir perlu dibarengi dengan perubahan bongkar muat, apalagi fasilitas pendukung kan sudah tersedia misalnya untuk bongkar muat kontainer, Ya tapi kalau untuk fiuel, batu bara dan konsentrat tidak bisa di pelabuhan Benete, nah potensi lainnya sesuai kapasitas pelabuhan mesti ditinjau lagi, ”ujar M. Saleh kepada KMCNews, Senin (4/1/2021).

Jika aktivitas bongkar muat kapal di dermaga Amman Mineral untuk sejumlah jenis barang kebutuhan Amman Mineral bisa dilakukan di Pelabuhan Benete akan memberikan multi player effek bagi masyarakat di Benete.

“ Akan ada banyak peluang bagi masyarakat dan menimbulkan multi player effek jika bongkar muat seperti kontainer bisa dilakukan di Pelabuhan Benete,”tandas M. Saleh.

Ilyas M. Nasir Kepala UPP Benete

Menanggapi hal ini, secara terpisah Kepala UPP Benete, Ilyas M. Nasir mengatakan, perubahan kelas UPP Benete lebih pada persoalan mengatur hirarki UPP Benete dan bersifat administrasi, sedangkan untuk operasional Syahbandar diatur secara terpisah.

Meski demikian apa yang disampaikan anggota Dewan M. Saleh, S.E menurut Ilyas yang baru bertugas kembali di Benete itu akan dicermati kedepan.

“ Ya pelan-pelan saya juga baru dua minggu disini, kita akan lihat termasuk potensi lainnya untuk Pelabuhan Benete dan Pelabuhan lainnya dibawah UPP Benete kedepan,”ujarnya, kepada KMCNews, di Kantor UPP Benete, Senin (4/1/2020).(K1)

%d bloggers like this: