Sosialisasi Orientasi ZOPP, Bentuk Pemahaman Karakter

KMCNews, SUMBAWA BARAT – Pemerintah Desa bersama Masyarakat Dasan Anyar Kecamatan Jereweh melaksanakam rapat sosialisasi terkait pelaksanaan pengembang pariwisata Pantai Poto Poyang sebagai sala satu potensi unggulan demi meningkatkan sosial dan ekonomi masyarakat.

Pengiat pariwisata Rapulung ArtShop dan Lembaga RiPed menyelengaraan Riset untuk mendapatkan pengakuan publik terkait destinasi. Maka perlu membangun komunikasi antara dua lembaga yaitu Pemerintah dan lembaga Pokdarwis Poto Poyang.

Proses riset sebagai langkah kongkrit sisi sosial kelembagaan. Niat baik sumberdaya alam yang dimiliki,

“Nawaitu potensi pantai poto poyang, pemerintah desa memberikan apresiasi kepada ouner yang membuka peluang destinasi sebagai suporting dan lembaga Riped mengangkat wisata yang terarah dari berbagai sisi kelembagaan diantaranya pemerintah dan sosial masyarakat dalam memberikan pengertian dalam satu komitmen bersama, “ungkap Ibrahim Has, Pemilik home industri Rapulung ArtShop kepada KMCNews,Senin (16/10)lalu.

Saat ini, Pemerintah Kecamatan siap mendukung kegiatan masyarakat atau lembaga dalam meningkatkan ekonomi masyarakat melalui destinasi wisata.

Di sisi lain Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) melalui Kepala Bidang Destinasi Suwaman mengungkapkan, kegiatan riset mengunakan sisyem ZOPP memiliki semangat yang luar biasa bahkan selangkah lebih maju dengan desa lain yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat,

Disbudpar memberikan apresiasi kepada kelompok yang mau memajukan destinasi di wilayahnya.

“Upaya pengembangan wisata harus memiliki dasar yaitu adanya kebudayaan kearipan lokal yang mampu mendapatkan trobosan pada leding sektor. Semangat dan pola fikir sebagai modal besar dalam memberdayakan ekonomi masyarakat, “ujarnya.

Di samping itu nenurut Suarman, perlunya sinergi Pemerintah Desa dan Instansi terkait dalam mendukung pariwisata sebagai produk unggulan.

Lembaga RiPed Muhammad Rizal membahas penerapan penggalian masalah pelaksanaan projek planing terhadap peningkatan perkembangan pariwisata poto poyang dari hasil Zopp menekankan kepada Sumber Daya Manusia (SDM) terhadap fasilitas yang ada saat ini, di samping itu lembaga kelompok yang ada dalam proses pengenalan belum masuk pada pengembangan, “papar Rizal.

Peranan penting Pemerintah Daerah untuk mensuporting kegiatan pariwisata pedesaan sebagai daya topang pbangunan desa pada sektor wisata dan dapat menjadi suport bagi masyarakat demi meningkatkan ekonomi kreatif dan terarah.

Pantau media di lapangan, kegiatan pembukaan sosialisasi di hadiri oleh, Dinas Pariwisata, Kecamatan Jereweh, Pemdes Dasan Anyar, Ketua RiPed, Toma dan Pokdarwis. (K D)

Beri Komentar Di Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *