Ratusan Pelaku Usaha UMKM di Pulau Sumbawa Dilatih Digital Marketing

Sumbawa, KMCNews – Revolusi industri ke era digitalisasi saat ini, dengan sendirinya mempengaruhi pola hidup masyarakat termasuk dalam dunia perdagangan.

Menyadari hal tersebut, Dinas Perdagangan Provinsi Nusa Tenggara Barat pada tahun 2020, gencar melakukan pendekatan digitalisasi khususnya bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan juga pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Setelah sebelumnya digelar pelatihan digitalisasi pelaku UKM dan UMKM di Pulau Lombok, giliran ratusan pelaku usaha yang sama di Pulau Sumbawa diberikan pelatihan digitalisasi.

 

Kegiatan pelatihan digitalisasi di Pulau Sumbawa ini, berlangsung selama tiga hari sejak 26 Nopember hingga 28 Nopember 2020 di Hotel Parahiyangan Sumbawa Besar, yang diikuti masing-masing peserta yang ada di 5 Kabupaten Kota yang ada di Pulau Sumbawa mulai dari Bima, Kota Bima, Dompu, Sumbawa Besar dan Sumbawa Barat.

Peserta dibagi dalam dua kelas yakni kelas khusus bagi pelapak UMKM dan kelas khusus Training on Trainer, untuk kelas khusus Training on Trainer diharapkan kedepan nantinya pelaku usaha yang mengikuti pelatihan tersebut dapat menjadi tutor bagi pelaku UMKM yang ada di daerahnya masing-masing.

Sekretaris Dinas Perdagangan Provinsi Nusa Tenggara Barat, Baiq Nelly Yuniarti,M.Si mengatakan pelaku usaha UKM dan UMKM yang ada diharapkan setiap saat belajar digital marketing, khusus untuk saat ini karena covid-19 jumlah pesertanya terbatas dalam pelatihan yang diselenggarakan.

Menurut Sekdis yang ramah dan energik ini, digital marketing saat ini sangat penting, terutama dalam hal pemasaran produk UKM dan UMKM yang ada, ia mencontohkan misalnya ada UMKM dipelosok desa kemana akan memasarkan produknya, masuk ke ritel modern susah kalau tidak diterima.

“ Nah dengan Digital Marketing gratis, tinggal buka email langsung bisa pasarkan produknya,”ujar Baig Nelly, saat bincang dengan KMCNews, media group Siberindo, Jum’at (26/11/2020) di sela-sela pelatihan digital marketing di Hotel Parahiyangan Sumbawa.

Pemerintah Provinsi NTB dikatakannya, saat ini telah menyediakan E-Comerce yakni NTB Mall untuk memasarkan produk UMKM yang ada di NTB ke Seluruh Indonesia.

Dengan adanya aplikasi tersebut anak muda di NTB diharapkan Baiq Nelly, bisa menjadi pengusaha bahkan tanpa modal dengan menjadi reseller memasarkan produk-produk UKM yang ada melalui aplikasi NTB Mall.

Baiq Nelly, M.Si Sekdis Perdagangan Provinsi NTB

“ Kita sadari memang saat ini UKM kita masih ada yang belum melek digital,produk bagus tidak bisa dipasarkan karena itu dengan adanya NTB Mall dan peran anak muda terutama talenta digital bisa mengUp semua produk UKM yang ada hingga bisa menembus pasar yang tak terbatas di sekluruh Indonesia,” ujarnya.

Baiq Nelly menambahkan dengan adanya NTB Mall pihaknya akan terus mendata UKM dan UMKM yang ada di NTB, sejauh ini menurutnya dalam data yang dihimpun ada sebanyak 4000an jumlah UKM dan UMKM di NTB dari jumlah tersebut ternyata NTB memiliki potensi dan produk-produk bagus yang dihasilkan.

“ Seperti di Sumbawa ini ada produk Seme Loto kosmetik kemudian satu lagi Puspa Natur kedua produk ini sudah terdaftar di BPOM, kita tahu sulitnya dapat BPOM mereka sudah dapat, ini luar biasa kita baru tahu dengan adanya NTB Mall dan Digital Marketing ini, dan bahkan kedua produk ini sudah beredar secara nasional, produk asli Sumbawa oleh anak muda Sumbawa yang di Packaging cantik jadi produknya luar biasa dan bisa dijual luas,”tukasnya.

UKM yang ada kedepan ditambahkan Baiq Nelly harus lebih berani, ini yang kemudian dirangsang oleh Pemerintah melalui Dinas Perdagangan.

Terakhir Baiq Nelly mengatakan , selain menyediakan aplikasi NTB Mall Pemerintah Provinsi NTB juga menyediakan Show Room untuk produk UKM dan UMKM yang ada di NTB.(K-1)

Download Aplikasi NTB Mall Sekarang, Klik Logo Diatas

 

 

 

 

 

%d bloggers like this: