PPP, PBB Dan PSI Segera Buka Rekrutmen Caleg 2019

KMCNews – Anda yang ingin menjadi wakil rakyat di Parlemen, sejumlah Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2019 mulai melakukan tahapan seleksi dan rekrutmen Calon Legisilatif (Caleg) untuk DPRD Kabupaten, Provinsi dan DPR RI.

Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan (DPC PPP) Sumbawa Barat misalnya, mengundang putra – putri terbaik Sumbawa Barat (KSB) untuk bergabung dalam partai berlambang Ka’bah itu di Pemilu 2019.

“Rekrutmen Bacaleg ini bersifat terbuka, baik bagi kader internal maupun eksternal PPP. Jadi semua putra – putri KSB yang memenuhi syarat bisa ikut mendaftar,” ungkap Sekretaris DPC PPP KSB, Iwan Irawan ysng didampingi Ketua Bapilu, Deddy Damhudi, sabtu 6 Januari 2017.

Kegiatan rekrutmen bacaleg oleh DPC PPP akan mulai dibuka pada Senin 8 Januari sampai tanggal 15 januari 2018 mendatang. Selain membuka ruang mendaftar bagi masyarakat umum, DPC PPP, sambung Iwan, juga telah menginstruksikan kepada seluruh PAC se-KSB untuk menginventarisir figure-figure potensial di wilayah masing-masing untuk direkomendasikan menjadi bacaleg PPP.

“Kebijakan ini adalah wujud dari keterbukaan PPP untuk memberi kesempatan kepada figure-figure potensial itu agar bisa berkiprah lebih besar untuk kemajuan rakyat,” imbuhnya.

Adapun syarat untuk mendaftar menjadi bacaleg PPP adalah : foto copy KTP; copy Ijazah terakhir minimal SMA/sederajat; menandatangani fakta integritas; menandatangani surat pernyataan siap mengikuti LKKD dan melampirkan pas foto 4×6 (2 lembar).

Partai lainnya yang akan membuka seleksi Caleg yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai pendatang baru melalui Ketua DPD PSI Sumbawa Barat, Intan Lis Utama menyatakan, jika PSI telah memenuhi syarat untuk mengikuti Pemilu 2019 di Kabupaten Sumbawa Barat, namun demikian menurutnya masih menunggu hasil KPU Pusat.

PSI dikatakannya, sembari menunggu keputusan pihaknya mulai menggodok Caleg di seluruh KSB baik yang akan mengisi posisi DPRD Kabupaten,Provinsi maupun DPR RI.

“  Langkah awal kita pasang spanduk di seluruh penjuru di KSB, kedua kita mungkin menemui teman-teman atau orang yang kita kenal buat menawarkan secara langsung,”ungkapnya.

Bagi Caleg yang ingin daftar di PSI, dijelaskannya bisa mendaftar secara online  melalui website resmi PSI dengan mengisi data diri serta persyaratan dan selain itu berkas pencalonan bisa secara offline dengan diantar langsung ke Sekretariat DPD PSI KSB.

“ Semua Caleg PSI nantinya akan diseleksi di Jakarta dan tim seleksi di Ketuai oleh Mahfud MD, untuk penjaringan Caleg ini terbuka untuk seluruh lapisan masyarakat,”tegasnya.

Sementara itu, Partai Bulan Bintang (PBB) melalui Ketua Komite Aksi Pemenangan Pemilu (KAPPU) Bachrul Ulum menyatakan, KAPPU PBB tengah menyiapkan syarat formal untuk Caleg dan akan dibuka pendaftaran dalam waktu dekat.

“PBB insya Allah dalam waktu dekat setelah ada syarat formal yg terbentuk dari KAPPU, “ katanya kepada KMCNews, Sabtu (6/1).

Dikatakan Bachrul Ulum, PBB membuka kesempatan bagi segenap lapisan masyarakat menjadi Caleg melalui Parpol yang dipimpin Yusril Ihza Mahendra tersebut.

“ Semua masyarakat yang bisa memenuhi persyaratan dari syarat yang disepakati lewat KAPPU dan pastinya akan ada kriteria yang harus dipenuhi oleh balon,”ujarnya.(K1)

 

Beri Komentar Di Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *