Potensi Wisata Seloto “Puncak Raden Jaleka” yang Memukau

KMCNews – Desa Seloto yang terletak dalam daerah administrasi Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) merupakan sebuah desa yang diapit oleh pegunungan hijau, udaranya sejuk dan bersih.

Masyarakatnya hidup dalam bingkai integrasi dan semangat persaudaraan yang tinggi, kuat memegang nilai dan norma agama yang ditopang oleh dua institusi pendidikan agama, yakni Pondok Pesantren Al-Manar dan Pondok Pesantren Al-Muhajirin.

Dua pondok pesantren tersebut membuat Seloto benar-benar tampil sebagai desa penyanggah syariat yang melahirkan banyak kaum santri dan akademisi.

Kehidupan santri telah mewarnai suasana kehidupan seluruh masyarakat setempat. Gambaran suasana itu dapat dilihat di setiap waktu solat fardu, dimana kaum lelaki, tua-muda akan berbondong-bondong ke masjid untuk solat berjamaah. Gambaran keislaman yang juga dapat dilihat dari pola berpakaian kaum perempuan Seloto yang seratus persen berbusana muslimah.

Suasana tersebut di atas telah berlangsung sejak puluhan tahun yang lalu, sehingga Seloto sangat identik dengan desa santri.

Seloto bukan saja menjadi desa rujukan dalam pengembangan syariat Islam, tetapi juga menyimpan wahana wisata “Puncak Raden Jaleka” yang sangat menjanjikan untuk dikembangkan sebagai daya tarik pengunjung dari daerah lain untuk menyelenggarakan kegiatan atau sekadar bersantai.

Potensi Wisata Puncak Raden Jaleka
Puncak Raden Jaleka merupakan lokasi wisata yang sangat memukau setiap pengunjung yang ingin menikmati panorama alam yang indah dan bersih.

Dari Puncak Raden Jaleka dapan menjadi titik pandang seluruh kota Taliwang dan sekitarnya, termasuk gerbang tanah Sumbawa “Pelabuhan Poto Tano.”

Bagi yang ingin berkunjung ke Puncak Raden Jaleka hanya memakan waktu sekitar 30 menit saja.Bisa menggunakan kendaraan roda empat dan juga roda dua.

Ada juga angkutan umum dengan ongkos yang sangat bersahabat. Pengunjung bisa parkir kendaraan di kaki bukit kemudian berjalan kaki sekitar 20 menit menuju puncak.

Sambil melepas lelah setelah mencapai puncak, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan danau “Lebo Taliwang,” pemukiman penduduk, bukit-bukit hijau, laut dan juga gunung Lamusung (Air Suning) dan Rinjani (Lombok) yang menjadi kebanggan masyarakat Lombok dan bahkan seluruh masyarakat Indonesia.

Berkunjung ke Puncak Raden Jaleka tentu akan memberikan kesan tersendiri karena setiap tamu yang datang akan disapa dengan begitu bersahabat oleh masyarakat Seloto yang ramah.

Selamat datang ke Seloto dan rasakan keramahan masyarakatnya serta nikmati sensasi berada di Puncak Raden Jaleka yang senantiasa memukau.

Sekadar berbagi untuk melestarikan khazanah alam Indonesia yang damai.

Oleh : T.H. Salengke M.A
(Koordinator UT Kuala Lumpur – Malaysia)

Beri Komentar Di Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *