Petani Rumput Laut Sagena Poto Tano, Cetak Duit Rp. 6 Juta Dalam 45 Hari

KMCNews – Warga Dusun Sagena Desa Kiantar Kecamatan Poto Tano mendapatkan keberkahan dengan anugrah Sumber Daya Alam yang dimiliki berupa laut yang tenang.

Pemanfaatan laut ini, untuk budidaya rumput laut dirasakan sangat cocok, hal ini menjadi berkah sekaligus angin segar bagi warga setempat yang mau berusaha.

Perusahaan tambang PT Amman Mineral Nusa Tenggara (PT AMNT) melalui program pengembangan masyarakat berkomitmen mendukung penuh budidaya rumput laut di wilayah setempat.

Hasinya dalam enam bulan terakhir sejumlah petani setempat telah melakukan panen perdana sekaligus ekspor rumput laut ke Tiongkok.

“ Ini merupakan program pengembangan masyarakat dengan paradigma baru, PT AMNT berkomitmen mendukung peningkatan ekonomi masyarakat berkelanjutan kedepan, dan rumput laut ini salah satu andalan di KSB,”tandas H. Syafruddin Jarot, Senior Manager Tanggung Jawab Sosial PT AMNT, dalam sambutannya pada acara panen sekaligus ekspor perdana rumput laut di Dusun Sagena Desa Kiantar beberapa waktu lalu.

Tidak tanggung-tanggung hasil yang diperoleh petani setempat dalam budidaya rumput laut dengan system keramba tersebut, yakni Rp. 6 juta hasil bersih selama 45 hari untuk satu keramba.

Memang untuk mengasilkan Rp. 6 juta dibutuhkan modal mulai dari bibit dan perawatan sebesar Rp. 25 juta.

Meski modal terbilang cukup besar, disinilah peran PT AMNT mendukung pengembangan ekonomi berkelanjutan masyarakat setempat.

“ Inilah yang kita harapkan dengan program pengembangan ekonomi masyarakat, agar nantinya masyarakat KSB tidak semua harus menuntut mendapatkaan pekerjaan di AMNT namun melalui program Comdev masyarakat bisa berpenghasilan,”ujar H. Jarot dalam kesempatan yang sama.(*)

%d bloggers like this: