Perang Bintang di Dapil ll Sumbawa Barat

KMCNews, Sumbawa Barat – Partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2019 sudah mendaftarkan calon anggota legislatif (Bacaleg) ke KPUD Kabupaten Sumbawa Barat.

Ratusan nama politisi lokal masuk dalam dokumen yang dibawa Parpol peserta Pemilu ke KPUD. Mereka akan bertarung untuk mengumpulkan suara sebagai bekal memperebutkan kursi empuk DPRD yang bermarkas di Telaga Bertong.

Ratusan politisi itu akan bertempur di daerah pemilihan (Dapil) ll .

Dapil Il disebut sebut menjadi Dapil terpanas. Pasalnya, para politisi bintang banyak turun gelanggang. Hampir seluruh Parpol menurunkan pemain bintangnya untuk menyapu suara di Dapil yang memperebutkan Sembilan kursi ini.

Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) misalnya, menurunkan H. Mustafa HMS, yang menjabat wakil ketua DPRD KSB. Anggota DPRD itu dinilai masih punya kharisma mencorong di Dapil Il. Sosok yang pada Pemilu 20014 banyak mendulang suara di Kecamatan Brang Rea, Brang Ene, dan Kecamatan Seteluk.

PAN tampaknya juga tidak ingin kehilangan kursi di Dapil Il, Partai Amanat Nasional menurunkan politisi senior Dinata Putrawan SE. Politisi yang tinggal di Desa Beru, Kecamatan Brang Rea ini merupakan Petahana. Diharapkan PAN dapat juga membendung pasukan PDIP dan pasukan Partai Bulan Bintang.

Jurus jitu juga diterapkan Partai Demokrat. Partai berlambang merci ini menurunkan petahana Mustakim Fatawari LM yang juga ketua DPC Demokrat Sumbawa Barat. Mustakim diharapkan bisa menangguk suara di Brang Rea dan Seteluk, PotoTano dan Brang Ene. Sosok Mustakim Fatawari LM yang selalu tampil apa adanya itu diyakini akan menyulitkan kubu lawan dalam mempertahankan kursi Demokrat di Dapil Il.

PKPI tentu saja masih berkepentingan untuk menguasai suara di kecamatan Seteluk dan Poto Tano. Untuk membendung laju partai pesaing, PKPI menurunkan kader terbaiknya, Aheruddin SE, ME yang punya basis massa di kecamatan seteluk.

PBB juga unjuk kader bintang di Dapil Il, seperti Agusfian SE yang punya rekam jejak bermasyarakat cukup baik. Agusfian merupakan petahana di DPRD Sumbawa Barat. Selain itu, PBB juga menurunkan Syamsuddin Raka yang sudah pengalaman dengan dua Pemilu sebelumnya, dimana tidak bisa dipandang sebelah mata dalam meraup dukungan.

Para bintang politik lokal ini akan bersaing memperebutkan sembilan kursi di Dapil Il. Selama ini kursi perwakilan Kecamatan Seteluk, Poto Tano, Brang Rea dan Brang Ene dikuasai oleh Golkar, Gerindra, PAN, Hanura,PBB, PKPI, PDIP, PKB, dan Demokrat. Pada Pileg 2019. Masihkah partai penguasa suara Dapil Il mendapatkan mandat pemilih. Bagaimana dengan politisi yang diusung oleh partai pendatang baru?.(K D)

Beri Komentar Di Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *