oleh

Pelantikan Bupati dan Walikota Terpilih di NTB Diundur Hingga Akhir Februari

Taliwang, KMCNews – Pelantikan Bupati, Wakil Bupati  dan Wali Kota Wakil Walikota  terpilih dalam Pilkada lalu yang sebelumnya dijadwalkan pada 17 Februari lusa diundur hingga akhir Februari 2021.

Informasi dihimpun media berdasarkan hasil Rapat via Zoom Meeting Gubernur NTB bersama Kemendagri pada pukul 16.00, hari Senin tgl 15 Februari 2021 tentang pelantikan Bupati dan Walikota terpilih pada Pilkada serentak 7 Kab/Kota di NTB. Kemudian informasi lainnya dari hasil rapat ini disebutkan terkait kekosongan jabatan Kepala Daerah akan diisi oleh Sekretaris Daerah.

Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Nusa Tenggara Barat,  Lalu Abdul Wahid, SH, MH kepada KMCNews, Senin Malam (15/2/2021) membenarkan informasi tersebut, pejabat kelahiran  Lombok Tengah, 16 April 1967 ini mengatakan, rentang waktu pelantikan diperkirakan pada tanggal 25 – 28 Februari mendatang.

“ Benar, jadwal pelantikan rentang waktu antara 25-28 Februari,” tandas Lalu Wahid.

Diberitakan KMC News sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengkonfirmasi bahwa SK Bupati dan Wali Kota terpilih masih dalam proses.

“Ada radiogram dari Kemendagri, kita masih membahas klinis jadwal pelantikan para Bupati Wali Kota terpilih di NTB. Yang jelas SK nya masih berproses,” kata, Karo Pemerintahan Setprov NTB, Lalu Abdul Wahid, dalam keterangannya, Senin (15/1).

Pemprov NTB sendiri kata Abdul Wahid menegaskan kesiapan untuk menggelar pelantikan kapan saja. Pihaknya bahkan tengah memproses undangan.

Rencana sebelumnya  pelantikan Bupati Wali kota terpilih akan dilaksanakan di Gedung Graha Bhakti Praja, Sekretariat Provinsi NTB.

Pelantikan akan dilakukan langsung Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah atas nama Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Setidaknya ada empat pasangan Bupati Wakil Bupati dan Wali Kota dan Wakil Wali Kota dilantik dalam tahap awal ini. Mereka diantaranya, Bupati dan Wakil Bupati terpilih, Kabupaten Lombok Utara (KLU), H.Djohan Syamsu dan Wakilnya, Danny Carter Febrianto Ridawan, ST.

Selanjutnya Wali Kota terpilih Mataram, H. Mohan Roliskana, S.Sos., M.H dan Wakil Wali Kota, TGH. Mujiburrahman.

Bupati dan Wakil Bupati terpilih Sumbawa Barat, yakni, H.W.Musyafirin, MM dan Wakilnya, Fud Saifuddin,ST. Dan yang terakhir, Bupati dan Wakil Bupati Dompu terpilih, Abdul Kader Jaelani – H Syahrul Parsan ST. MT.

Sementara tiga pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih lainnya, seperti Bupati terpilih Bima, Hj. Indah Putri Damayanti dan Wakilnya, Drs. Dahlan M.Noer. Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Lombok Tengah, H.Lalu Fathul Bachri dan Nursiah. Selanjutnya, Bupati dan Wakil Bupati terpilih Sumbawa Besar, Drs. H.Mahmud Abdullah dan Dewi Noviani, M.Pd hingga kini masih  menunggu hasil putusan resmi sidang sengketa pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK).

Pelantikan ini dilaksanakan sesuai dengan Prosedur Kesehatan (Prokes) atau rekomendasi Satgas Covid19 Provinsi NTB.(K1)

Komentar

Komentar Anda

Berita Lainnya