Nurpadawati: Praktek Keterampilan Belum Menjamah Masyarakat Bawah

KMCNews, Sumbawa – Calon anggota legislatif perempuan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P), Nurpadawati Latta memastikan akan memperjuangkan pertumbuhan di bidang ekonomi, terutama untuk pelaku usaha kecil dan menengah di Kabupaten Sumbawa.

“Ekonomi kerakyatan terutama sektor UKM untuk maju sangat terbuka lebar mengingat berbagai program pemerintah untuk penguatan modal usaha pelaku UKM terus digalakkan. Karena itu jika diberikan kesempatan, program penguatan usaha kecil akan terus didorong di parlemen nanti,” ungkap Nurpadawati Latta, berbicara dengan KMCNews lewat Telfon celuler, Sabtu (22/12/2018) siang.

Ia mengaku termotivasi untuk memajukan perekonomian di daerah itu termasuk menyuarakan aspirasi masyarakat serta mensosialisasikan visi dan misi partai. Pemerintah telah menggulirkan beberapa program untuk menunjang kemajuan sektor UKM tetapi belum menyentuh di level masyarakat miskin.

Karena itu, lanjutnya, perlu didorong pemberdayaan warga miskin terutama perempuan atau ibu-ibu rumah tangga melalui peningkatan ketrampilan dalam membuka usaha kecil.

“Pemerintah mengeluarkan berbagai program penunjang kemajuan sektor UKM, seperti Kredit Usaha Rakyat, program koperasi, dan lain-lain,” jelasnya.

Namun demikian menurut Caleg muda berparas cantik ini, program optimalisasi tempat praktik keterampilan usaha belum menjamah seluruhnya rakyat miskin termasuk di Sumbawa. Padahal kesempatan untuk meraih kesuksesan di sektor itu sangat besar yang perlu juga didukung semua pihak. Apalagi potensi lokal cukup banyak sehingga perlu ditumbuhkembangkan sehingga dapat bersaing di pasaran baik lokal, nasional bahkan internasional.

” Jadi perlu terobosan untuk mengenalkan produk termasuk kualitasnya sehingga dapat bersaing dengan produksi dari daerah lain,” tambahnya.

Selain itu, peningkatan sektor pertanian dinilainya juga perlu penguatan karena sangat penting dan memiliki kemampuan yang besar dalam percepatan pembangunan di Sumbawa.

” Sektor ini perlu didorong karena berkontribusi besar dalam penyerapan tenaga kerja, penyediaan makanan, penyediaan bahan baku dan menambah pendapatan daerah,” timpalnya.

Meski begitu, untuk memajukan sektor pertanian ini perlu diimbangi dengan infrastruktur yang dapat membantu para para petani di daerah. Untuk mencapai hal tersebut, membuat anggaran yang cukup disektor ini menjadi sangat penting.

” Memperjuangkan sektor dan perkebunan menjadi hal mutlak untuk terus ditingkatkan. Ini tentunya dimulai dari memperjuangkan infrastrukturnya lebih dulu,” imbuhnya.

Ia tak menampik jika saat ini masih banyak wilayah di Kabupaten Sumbawa yang belum terjangkau infrastruktur pertanian modern. Dia berharap perjuangannya maju dalam ajang Pemilu Legislatif 2019 mendatang dapat memuluskan langkahnya untuk meningkatkan sektor unggulan ini.

” Infrastruktur memiliki peran penting dalam menyukseskan pembangunan pertanian. infrastruktur dalam jumlah yang cukup dan kondisi yang optimal akan memudahkan petani untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari lahan pertaniannya.

Petani juga akan lebih mudah dalam hal proses budidaya, sarana produksi, hingga hasil pertaniannya,” demikian Nurpadawati Latta. (K D)

Beri Komentar Di Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *