Lebih Dekat Dengan Doktor Ali Bin Dachlan

KMCNews – Sosok DR.H.M. Ali Bin Dachlan atau yang lebih populer dengan Ali BD adalah salah satu tokoh fenomenal di Nusa Tenggara Barat.

Suami dari Hj. Supinah, dan bapak dari drg. H. Asrul Sani, M.Kes dan Ahmad Zulfikar ini merupakan keturunan dari Tuan Guru Umar Kelayu. Tuan Guru Umar adalah tokoh masyarakat di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Nama Tuan Guru Umar sangat melekat di hati masyarakat Lombok, bahkan sampai mancanegara. Oleh masyarakat Lombok, idealisme dan pengabdian Tuan Guru Umar yang pernah menjadi penghulu di Kerajaan Selaparang sebagai bagian dari Sejarah Lombok semakin memberikan keyakinan bahwa Ali Bin Dachlan adalah silsilah keluarganya.

Ali BD mengawali pendidikan formal di Sekolah Rakyat (SR) Dasan Geres, kemudian melanjutkan pendidikan ke SMPN Selong, SMAN Selong dan mendapatkan gelar sarjana hukum dari Universitas Satyagama.

Seusai menjalani berbagai pendidikan, Ali BD besar sebagai sosok pemimpin multi talenta, betapa tidak putra kelahiran Lombok Timur, 20 Desember 1948 ini memiliki berbagai pengalaman hidup dalam berkarier yang tidak semua orang bisa melakukannya.

Mengawali karir sebagai guru di SMA Maarif serta menjadi Kepala Sekolah di SMP di bawah naungan lembaga yang sama yaitu Maarif. Ali bin Dachlan juga pernah menjadi wartawan, pegawai negeri sipil, berwiraswasta, mendirikan yayasan sampai menjadi ketua forum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) – NTB.

Pengalaman tersebut membuatnya dikenal oleh masyarakat luas, bahkan karena jasa Ali BD sejak aktif di LSM, ada sebuah jambatan di Langko, Kecamatan Janapria kabupaten Lombok Tengah disebut Jambatan Ali BD, karena Jembatan tersebut dibangun olehnya. Disamping itu, semua bidang yang digeluti Ali BD juga rata-rata sukses. Salah satu contoh kesuksesannya yang bisa dilihat sebagai riwayat karir adalah berdirinya Bank Segara Anak Kencana dan Bank Samawa Kencana yang sama-sama di singkat BSK.

Bank Segara Anak Kencana yang merupakan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) banyak membantu pembangunan ekonomi masyarakat Nusa Tenggara Barat. Bersama Ali BD, Bank ini juga aktif menjalankan Syariat Islam, diantaranya melalui moment Peringatan Hari Besar Islam baik di Lombok dan juga Sumbawa – NTB.

Sebagai Bupati Lombok Timur dua periode, Ali BD memiliki Prestasi secara Nasional ataupun Internasional tidak terlalu Familiar. Namun kebijakannya sering menjadi referensi Nasional. Karena ia sendiri cendrung menolak lomba-lomba pemerintahan yang menghabiskan anggaran. Salah satunya termuat dalam buku Kekuasaan untuk Rakyat.

Dalam buku tersebut tercatat bahwa Ali BD pernah melarang Ibu-Ibu PKK agar tidak mengikuti lomba memasak ikan. Ali BD lebih senang mendukung program yang bisa memacu inovasi, prestasi dan transparansi.

Manfaat dari kebijakan tersebut bisa dilihat dari pembangunan Kantor Bazda Lombok Timur, Pembangunan Dermaga Labuhan Haji, Pembebasan Lahan DAM Pandandure, Perayaan Tahun Baru Hijriyah dan lain-lain.

Bahkan Kantor Bupati Lombok Timur yang pembangunannya sempat molor sejak zaman pemerintahan sebelumnya, dan baru berhasil berdiri megah di masa pemerintahan Ali BD. Serta prestasi-prestasi lainnya. Gambaran dari prestasi tersebut hanya yang menjadi refrensi kebijakan daerah atau kabupaten lain, sedangkan prestasi lainnya tidak terhitung.

Sebagai sosok pemimpin, Ali BD terpanggil untuk maju dalam Pilgub NTB 2018 dan menggandeng Lalu Gede Sakti sebagai pasangannya.Ikhtiar maju dalam Pilgub NTB dilakukan dengan mengedepankan prinsip maju melalui jalur independent meski baginya jalur Parpol sangat mudah didekati namun maju bersama rakyat adalah pilihan.

Ia pun menorehkan sejarah menjadi calon pertama yang sukses tampil melalui jalur independent sepanjang sejarah Pilgub langsung di Indonesia.

Atas apa yang telah dicapai, Ali BD memiliki semangat untuk berbagi, diantaranya bagi generasi muda melalui seminar dan dialog, salah satunya yang akan digelar Rabu 14 Februari di Hotel IFA Taliwang Sumbawa Barat.Pada dialog ini mengusung tema merajut persatuan dan persaudaraan.

Bagi anda yang ingin belajar dan menemukan momentum serta inspirasi sukses dari tokoh fenomenal ini, anda bisa hadir dan bersilaturrahmi di Hotel IFA mulai pukul 14.00 Wita, Rabu (14/2/18). (K1/Wikipedia)

Beri Komentar Di Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *