KSB Segera Minta Perubahan Plang Nama Danau Rawa Taliwang

KMCNews, Sumbawa Barat – Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin, ST segera merespon kekecewaan public melalui media social Facebook terkait polemik plang nama Danau Rawa Taliwang.

Menurutnya, sebelum KSB ada nama Dana Rawa Taliwang sudah dibuat berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kementerian terkait.

“ Jadi bukan salah mereka dan itu bukan proyek Pemda KSB tapi program Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup melalui BKSDA NTB, biar gak salah,” tulis Wabup Fud Syaifuddin menjawab netizen dalam diskusi di Media Sosial Facebook, seperti dikutip KMCNews.

Wabup bahkan segera menghubungi pihak terkait dalam hal ini Kepala Kantor Pengembangan Ekoregion (KPE) Bali Nusa Tenggara dan Kepala BKSDA yang konon menjadi penanggung jawab proses pengembangan dan pembangunan danau Lebo Taliwang.

“ Dan Beliau berkomitmen di 2019 akan merubah nama plang nama Danau Rawa Taliwang dengan Danau Lebo Taliwang, semoga harapan masyarakat dan kita semua rakyat Sumbawa Barat dapat terealisasi tahun depan,” ujar Wabup Fud Syaifuddin, seperti dikutip KMCNews dari akun Medsos Facebook pribadinya, sembari mengupload secrenshoot komunikasinya melalui Whatsapp dengan pihak terkait.

Baca Juga : Netizen Protes, Danau Lebo Diberi Label Baru “Danau Rawa Taliwang”

Seperti diketahui, Plang nama Danau Rawa Taliwang yang dipasang di areal sekitar Danau Taliwang, menuai protes keras warga Sumbawa Barat terutama di Media Social.

Pasalnya secara turun temurun oleh masyarakat setempat Danau Lebo lazim disebutkan sebagai salah satu identitas kekayaan alam KSB, bahkan metadatanya di internet nama Danau Taliwang sudah akrab dengan nama Danau Lebo Taliwang.

Munculnya nama tersebut,  Pemerintah dituding tidak menghargai kearifan local, dan warga umumnya meminta agar plang nama tersebut segera diganti.

“ Nama Lebo Taliwang seharusnya tetap dipakai, ini tentang nama dan nama tidak harus dirubah atau diterjemahkan.Justru itu yang bikin unik dan menarik,”pendapat Hendry Kusnadi, salah satu pegiat LSM di Sumbawa Barat mengomentari adanya pergantian nama Danau Taliwang tersebut.(K-1)

 

Beri Komentar Di Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *