Kapolri Akan Sikat Calo CPNS 2018

KMCNews, Jakarta – Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan akan menindak para calo dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Pihak yang tertangkap akan dipublikasi agar memberi efek jera.

“Calo CPNS kita akan sikat nanti. Di semua daerah kita akan arahkan semua kapolda, kapolresnya melalui video conferencesehingga nanti instruksinya sama; untuk membantu supaya tidak ada calo,” ujar dia, di Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RB, Jakarta Pusat, dalam konferensi pers pada Jumat (28/9)dikutip dari CNN indonesia.

“Kalau ada yang tertangkap kita akan umumkan agar memberikan efek deteren kepada yang lain,” imbuhnya.

Hal itu dikatakannya terkait penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding(MoU) antara Polri dengan Kemenpan RB terkait pengamanan seleksi CPNS. Dengan peserta seleksi yang mencapai 238.015 orang, gelaran ini akan dilaksanakan pada Oktober.

Di tempat yang sama, Menpan RB Syafruddin mengatakan pengamanan oleh Polri ini diberikan dengan maksud untuk memberikan kepastian kepada CPNS bahwa hasil seleksi itu murni tanpa rekayasa.

“Kami mohon kepada bapak Kapolri dan jajarannya untuk mengantisipasi melalui operasi besar-besaran tentu melalui saber pungli dan sebagainya, menggunakan alat-alat teknologi canggih untuk menangkap pelaku,” kata dia, yang merupakan mantan Wakapolri itu.

Dia menampik bahwa pengaman ini dilakukan karena adanya ancaman boikot maupun demo CPNS di berbagai daerah. Katanya, pengamanan hanyalah untuk antisipasi joki hingga serangan peretas atau hacker. (kst/K D)

Beri Komentar Di Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *