Kadis Damkar KSB Tutup Usia

Sumbawa Barat, KMCNews – Innalillahi Wainna Ilaihi Rajiun (Sesungguhnya kami adalah kepunyaan Allah dan kepada Allah jugalah kami kembali. Q.S Al-Baqarah ayat 156.

Bumi Pariri Lema Bariri Kabupaten Sumbawa Barat kembali berduka, salah satu putra terbaik Kusmayadi, ST, SKM, MM, MARS meninggal dunia.

Pria yang akrab disapa Pak Dadi ini, sebelum meninggal dunia masih tercatat menjabat sebagai Kepala Dinas Pemadam Kebakaran KSB.

Dalam kehidupan sehari – hari Kusmayadi dikenal sosok yang ramah,mudah bergaul dengan siapapun, murah senyum dan terkesan sangat komunikatif.

Selama hayat, pengabdian dan karyanya bagi KSB cukup berkesan, misalnya saat dunia komputer mulai mendunia, beliau mendirikan Tamurun Computer dimana banyak siswa dan masyarakat umum belajar mengenal komputer di tempat ini.

” Kusmayadi Dadi Beliau Orang pertama yang memperkenalkan Word dan Excel….Selamat Jalan Pak…. Innalilahi wainnailaihi rojiun,” kenang Hidayat Yasin salah satu Guru di KSB yang pernah menimbah ilmu bersama almarhum, seperti dikutip KMCNews media group Siberindo dalam akun Facebook pribadinya.

Di berbagai organisasi Kusmayadi juga dikenal aktif, diantaranya di dunia Pramuka, Palang Merah Indonesia dan sederet lembaga dan organisasi lainnya,guna mengisi aktivitas selain sebagai abdi negara.

Yang paling mengesankan Kusmayadi juga memiliki andil dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) KSB dengan mendirikan lembaga pendidikan SMK Kesehatan dan kampus sekolah kebidanan yang berada di Lingkungan Sebubuk.

Begitu juga dalam perjuangan pembentukan Kabupaten Sumbawa Barat, Kusmayadi juga dikenal sangat aktif membantu Komite Pembentukan KSB kala itu.

Ditempat kerja saat ini, sebagai Kadis Damkar, Kusmayadi dikenal sebagai sosok pemimpin bersahaja oleh anak buahnya.

” Pak Kadis Damkar Kusmayadi, ST, S. KM, MM. MARS yang murah senyum telah berpulang ke rahmatullah… Terima kasih telah mnjadi pimpinan yg luar biasa… Kami segenap keluarga besar DAMKAR berdoa moga bpk mendapatkan jannah aamiin,” tulis Rady Mangkau salah seorang staf di Dinas Damkar KSB seperti dikutif di laman Facebooknya.

Sebagai salah satu Putra terbaik KSB, pada Pilkada 2015 lalu,Kusmayadi pernah digadang sebagai Bakal Calon Bupati melalui jalur independen, meski kemudian takdir beliau gagal karena tidak memenuhi syarat oleh KPU saat itu, namun sejarah dan warga KSB pun mencatat jasa dan pengabdian beliau untuk KSB, lebih dari sekedar sebagai Kepala Daerah setidaknya bagi murid, anak buah, sahabat kerabat dan juga tetangga warga KSB umumnya serta tentu keluarga besar beliau.

Sejak diumumkan kabar duka meninggal dunia, di Rumah Sakit Mataram, Senin malam (26/10), seketika itu pula ratusan ucapan rasa turut berduka melintasi beranda Facebook netizen warga KSB.

Ini menunjukkan beliau bukan hanya sebagai sosok yang familier dan populer bagi warga KSB, namun tentu karena memang jasa dan pengabdiannya layak untuk dikenang dan dihormati.

Menurut rencana jenasah beliau akan dimakamkan Selasa besok (27/10), dan saat berita ini diturunkan Senin Malam, jenasah almarhum Kusmayadi dalam perjalan dari Mataram menuju Taliwang KSB. Selamat Jalan Pak Kusmayadi semoga Husnul Khotimah.(K1).