oleh

Hebat, Larasaty KSB Catat Rekor Jadi Wasit Wanita Nasional Pertama NTB

Sumbawa Barat, KMNews – Sepakbola modern saat ini bukan hanya milik kaum pria, kaum hawa pun mengandrungi olahraga paling populer sejagad tersebut.

Maka tak berlebihan, jika Larasaty gadis cantik kelahiran Taliwang, 6 Juni 1994 yang berprofesi sebagai guru di SDN Telaga Baru mengejar karier menjadi wasit nasional PSSI.

Sepanjang sejarah sepakbola di Provinsi Nusa Tenggara Barat, sebelumnya KSB mencatat nama Rina Rawiano wasit wanita pertama, Rina mengantongi lisensi C3 dan kini rekannya Larasaty yang merupakan junior Rina yang selama ini sama-sama menjadi wasit di ASKAB PSSI KSB mencatat rekor wasit pertama berlisensi C2 atau setingkat diatas lisensi C3.

Laras Bersama Oki Dwi Putra Wasit Nasional yg Sering Memimpin laga Internatioanal, menjadi salah satu Instruktur Laras.Oki sendiri berasal dari Sumbawa

Keberhasilan Laras, sapaan akrab gadis asal lingkungan Sebok ini menjadi wasit lisensi C2, tidak terlepas dari kerja keras, disiplin dan kecintaanya terhadap dunia sepakbola.

Untuk meraih lisensi ini tidak mudah, karena calon wasit digambleng selama sepekan oleh wasit-wasit nasional yang sudah berpengalaman, dalam kursus wasit C2 yang diselenggarakan PSSI pusat di Bandung Jawa Barat dari tanggal 24 hingga 29 Nopember 2020 itu, laras mengikuti materi wasit dengan belajar di kelas dan praktek langsung di lapangan.

“Kesan saya mengikuti C2 merasa bangga karena saya peserta wanita satu satunya mewakili NTB mengikuti C2 ini,” ujar Laras, saat dimintai kesannya oleh KMCNews, selama di Bandung.

Dikatakan Laras, peserta asal NTB mengikuti kursus C2 kali ini sebanyak 3 orang, selain dirinya ada rekannya wasit pria masing-masing 1 dari Lombok Barat dan 1 dari Bima.

“ Jadi kita dari NTB 3 orang, saya sendiri Wanita dalam kursus ini dari 48 peserta, sebagai peserta terjauh dari peserta lainnya,  Alhamdulillah rekan panitia dan teman-teman peserta ikut bangga sebagai satu-satunya wasit wanita, kemudian rangkaian kegiatan kursus ini Alhamdulillah lancar tanpa kendala yang berarti,”terang Laras lagi.

Kedepan dengan lisensi C2 yang dikantongi, Laras akan memiliki kesempatan menjadi pengadil di lapangan dalam pertandinga-pertandingan Sepakbola di Kompetisi yang digelar PSSI baik antar Provinsi maupun antar Kabupaten atau Kometisi level Liga III Nasional.

“ Terima kasih atas semua pihak yang telah membantu saya baik moril maupun materi, mudahan ilmu yang saya dapatkan selama mengikuti kursus wasit C2 bisa saya terapkan di NTB khususnya di Kabupaten tercinta Kabupaten Sumbawa Barat,”demikian ucap Larasaty.

Dengan hadirnya Larasaty wasit berlisensi C2, Kabupaten Sumbawa Barat sejauh ini telah memiliki 2 wasit Lisensi C2, sebelumnya ada Harry Guspiadi, dan satu wasit C1 Nasional Alief Wahyu Ciptani, untuk wasit C1 Alief Wahyu Ciptani menjadi wasit dengan Lisensi tertinggi di KSB setelah mengikuti kursus wasit C1 di Manado Sulawesi Utara,sementara khusus Wasit Wanita KSB memiliki 4 Wasit berlisensi  dimana 3 diantaranya berlisendi C3.

Untuk Diketahui Wasit Lisensi C3 merupakan wasit yang memimpin laga yang digelar PSSI tingkat Kabupaten, sedangkan Wasit C2 memimpin pertandingan tingkat Provinsi dan juga level Liga 3 Nasional, kemudian wasit C1 berkesempatan memimpin laga Liga 2 Nasional. (K1)

Temere Coffee Desa Tepas Brang Rea = Pesan Klik Gambar

 

 

Komentar

Komentar Anda

Berita Lainnya