Gempa 4,7 SR Guncang Sumbawa Barat dan Lombok

KMCNews, Sumbawa Barat – Gempa bumi tektonik mengguncang Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dan wilaya Lombok, Kamis, 1 November 2018 pukul 02.22.55 WITA. Hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan 4,7 magnitudo.

Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Agus Riyanto menjelaskan episenter gempa terletak pada koordinat 9,65 LS dan 117,25 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 109 km tenggara KSB, Nusa Tenggara Barat pada kedalaman 87 km.

“Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Lombok Tengah, Lombok Barat, Sumbawa – III MMI, ” kata Agus.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

“Kepada masyarakat di wilayah Sumbawa Barat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, ” pinta Agus. (K D)

Beri Komentar Di Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *