Era Digitalisasi, Pewarta Online KSB Gabung Di JOIN

KMCNews,Taliwang – Sejumlah pewarta media online yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat,Provinsi Nusa Tenggara Barat sepakat berhimpun dan bergabung dalam organisasi Pers Nasional Jurnalis Online Indonesia (JOIN).

Dalam pertemuan yang berlangsung Jum’at malam (11/8),  di Kantor Redaksi Kabar Media Citra, Iyudistira  terpilih sebagai Ketua dan Khaeruddin,S.Ip sebagai Sekretaris.

Spirit untuk berhimpun dan bergabung dalam JOIN, menurut Adi Wilantara dari Media Entebenews, lantaran kebutuhan jaman saat ini dibutuhkan profesionalitas dalam mengembangkan usaha jurnalistik, Media online menurutnya lahir sesuai dengan tantangan era digitalisasi saat ini, karena itu dibutuhkan sebuah payung yang jelas dan berkomitmen dalam rangka mengembangkan Sumber Daya Manusia para pelaku yang terlibat dalam Industri Media Online secara khusus.

“ Begitu mudahnya saat ini membuat media terlebih Media Online, karena itu tidak heran banyak di salah gunakan oleh oknum dengan menyebarkan berita-berita hoax, Join kita harapkan sebagai wadah untuk memerangi hal tersebut dan mengajak masyarakat lebih cerdas dalam menerima informasi serta memilih mana media yang betul betuk bekerja Jurnalistik dengan benar,” katanya.

Disisi lain keberadaan Wartawan Media Online saat ini, menurut Ibrahim dari Media Berita Sumbawa, sejumlah pihak masih belum menerima sepenuhnya kehadiran Media Online, terutama wartawan yang sedang meliput, sulitnya menemui sumber berita khususnya dikalangan pejabat menjadi salah satu kendala, padahal menurutnya perimbangan informasi dibutuhkan sesuaI dengan kaidah yang diatur dalam kode etik jurnalistik.

“ Selain itu, komunikasi dengan fasilitas Handphone saja sejumlah sumber enggan merespon padahal informasi yang cepat dan akurat adalah kebutuhan masyarakat yang wajib terpenuhi sesuai semangat undang-undang, dan media online menjadi sarana yang efektif dalam penyebaran informasi saat ini, karena langsung diterima ditangan pembaca,”ujar Ibrahim.

Menyinggung masalah kerjasama dengan Pemerintah Daerah, Khairuddin, S.Ip dari media Entebenews.com, menilai Pemerintah terkesan tidak adil, menurutnya siapa yang dekat itu yang lebih diakomodir, hal ini menurutnya sangat disayangkan mengingat fungsi pers sama dalam menjalin kemitraan dengan Pemerintah Daerah.

Selain itu, menurut Khariruddin Pemerintah agar lebih serius melihat peran dan fungsi Pers sebagai mitra strategis dalam penyampaiaan informasi kepada masyarakat.

“ Kerjasama yang ada saat ini kita dituntut menyebarkan informasi dengan cepat, sedangkan apa yang menjadi hak kita diabaikan, jujur bahkan kami hampir putus asa jika menagih apa yang menjadi hak, berbulan bulan baru bisa teratasi, ini menjadi kendala apalagi kita butuh operasional dalam melaksanakan tugas,dan mengembangkan usaha pers, ”katanya.

Senada dengan yang lainnya, Iyudistira dari Kabar Sumbawa lebih menekankan, agar Pemerintah Daerah dalam menggunakan Media sebagai mitra kerjasamanya dalam menyebarkan informasi, dapat melengkapi data data yang dibutuhkan Media, baik gambar maupun teks serta kebutuhan data lainnya agar informasi kepada masyarakat tidak setengah-setengah.

“ Ini juga yang sulit kami rasakan, kita sudah beri ruang untuk menyampaikan informasi tapi kadangkala Pemerintah juga tidak melengkapi data yang maksimal untuk disampaikan, disamping itu responnya sangat lambat, padahal kita Media Online bekerja dengan kecepatan menjadi salah satu keunggulan, dan keunggulan tersebut mestinya dapat dimanfaatkan dengan baik,” ungkap Iyudistira.

Sementara itu, DPW JOIN NTB Indra Irawan LM, S.Kom memberikan apresiasi terhadap sejumlah pekerja pers online yang ada di Sumbawa Barat untuk bergabung dan berhimpun di JOIN, ujung tombak pekerja Pers Online khususnya yang bergabung di JOIN yakni yang berada di daerah-daerah atau kepengurusan Cabang ditiap Kabupaten/kota. Kabupaten Sumbawa Barat menurutnya menjadi Kabupaten Pertama di Nusa Tenggara Barat yang memliki kepengurusan Cabang organisasi JOIN di NTB, setelah dikeluarkannya SK Kepengurusan Wilayah.

Pimpinan Wilayah JOIN menurut Indra, dalam menjalankan roda organisasi lebih pada koordinasi dan  memfasilitasi keberadaan anggota dengan Pengurus Pusat, terutama yang berkaitan dengan delik pers dan upaya peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia, disamping memperkenalkan segenap anggota JOIN kepada mitra dan lembaga Negara yang ada.

Apa yang menjadi tantangan dan kendala yang dihadapi saat ini khususnya di Sumbawa Barat, dikatakan Indra merupakan hal yang segera harus dituntaskan baik oleh Pekerja Pers itu sendiri, maupun Pemerintah Daerah agar lebih proporsional dan bijaksana dalam melihat fungsi Pers.

Menyinggung masalah kerjasama dengan Pemerintah Daerah, lebih khusus Indra menegaskan, tidak jadi persoalan Pekerja Pers atau perusahaan Pers menjalin kerjasama dengan Pemerintah dalam hal penyebaran Informasi, karena itu dimungkinkan dalam Industri Pers dalam mengembangkan usahanya. Karena itu ia mengingatkan agar pemangku kebijakan yang ada agar dapat menempatkan dan melihat Pers sesuai dengan peran dan fungsinya.

“ Namun disisi lain sebagai pilar demokrasi,  Pers memiliki peran penting dalam menjaga dan mengawal proses pembangunan, fungsi Pers yang sebenarnya adalah melakukan fungsi Kontrol dan penyeimbang, Pekerja Pers jangan takut dan segan memberitakan apa adanya terhadap persoalan Pemerintah, namun yang paling penting agar tetap menjaga Kode Etik Jurnalistik, “ tambah Indra.

Untuk menjalankan organisasi JOIN, Indra mengajak segenap pewarta online yang ikut gabung di JOIN khususnya di Sumbawa Barat, agar terus mengasah diri disamping membuat program kerja jangka pendek, selain itu diharapkan dengan kehadiran JOIN dapat melakukan pengkaderan dan melakukan upaya pendekatan dan sosialisasi terhadap keberadaan Media Online di tengah masyarakat.

Tentang JOIN

Join adalah salah satu dari puluhan Organisasi Profesi Jurnalis di Indonesia yang memiliki Badan Hukum sesuai SK Kementerian  Hukum dan Hak Azasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-0008952.AH.01.07.TAHUN 2017 tanggal  05 Juni 2017.

Sejarah JOIN

Dicetuskan sejak 20 mei 2016 oleh seorang foto jurnalis Budhi Chandra yang biasa disapa Ichan, pada tahun 2017 bersama dengan para jurnalis online sebagai pendiri dari beberapa media online seperti Ade Marboen dari (antaranews.com), Eksa (mediaindonesia.com), Julhan Sifadi (majalahfranchise.com),  Fauzi (infonitas.com), luska (indonews.id),  Rojali (rakyat.co), zulhamdi (rilis.id), Marsudi (sentananews.com), Reza Indrayana (jurnalinfo.com) serta 15 jurnalis yang berada di 15 wilayah provinsi.

Diantaranya :

  1. SUMUT : Lindung Pandiangan (topinformasi.com), Ryan Sinaga (okebung.com),  Jhonson Sibarani (metro-online.co)
  2. SULSEL: Andi Rifai (rapormerah.co)
  3. JAMBI: Zakaria (sidakpost.id)
  4. SULBAR: Wahyuni (rapormerah.co)
  5. SUMSEL: Yokhe Firmansyah,
  6. DIY: (waktoe.com)
  7. KEPRI: Kasmadi (terkininews.co)
  8. RIAU: Riswan Nduru (tribunsatu.com)
  9. KALBAR: Riski Yuniar (akcayanews.co),Udin Subari (postkotapontianak.com), Heri Irwan (landaknews.com)
  10. BANTEN: Badarsubur (beritanabuana.co)
  11. NTB: Indra Irawan (kabarntb.com)
  12. SULTRA: Herman Tajuddin (mediasebangsa.com); Asmah Asmon (bumisultra.com)
  13. LAMPUNG: Chandra FS. (lampungpagi.com)
  14. JATENG: Sukuno W (focuscilacap.com)
  15. BABEL: Evan Satriady (republiknews.com).

JOIN selalu terus membina diri agar memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara, profesional, handal, beridealisme, patriotis,  kokoh kepribadiannya, memiliki kesegaran jasmani dan rohani serta daya kreasi, mengembangkan kemandirian, kepemimpinan, ilmu pengetahuan dan keterampilan serta memiliki wawasan yang luas dengan selalu mentaati Kode Etik jurnalistik, Kode Etik Organisasi, Peraturan dan Perundang-undangan yang berlaku serta semangat kerja keras dan kepeloporan.(K1)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Beri Komentar Di Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *