Danrem : Pilkada Serentak, TNI Polri Jangan Ragu Bertindak

KMCNews – Dalam pelaksanaan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah serentak Juni mendatang, TNI Polri tidak boleh ada keraguan dalam bertindak

Hal tersebut ditegaskan Danrem 162/WB Kolonel Inf H. Farid Makruf, MA., saat memberikan sambutan pada Apel gabungan sinergitas TNI Polri dan Pemerintah Daerah NTB dalam rangka Pilkada serentak tahun 2018, Jumat (2/2) di lapangan eks Bandara Selaparang Kecamatan Selaparang Mataram.

Farid melanjutkan, selama proses pelaksanaan Pilkada serentak, TNI Polri memiliki dasar hukum sebagai pijakan untuk bertindak seperti yang dijelaskan diawal tadi oleh Kapolda NTB.

Dasar hukum yang dimaksud Danrem yakni UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri dan Tap MPR RI yang mengatur netralitas TNI Polri.

Orang nomor satu di jajaran Korem 162/WB tersebut merasa bangga atas Apel sinergitas TNI Polri di provinsi NTB.

“Saya sangat bangga atas pelaksanaan Apel sinergitas TNI Polri di NTB ini karena daerah yang pertama kali melaksanakan apel sinergitas ini baru hanya provinsi NTB sedangkan daerah lain hanya masih wacana”, ungkap Farid.

Menurutnya, hal itu ditunjukan dihadapan Presiden RI Ir. Joko Widodo dengan pertunjukan budaya daerah Gendang Beleq yang dimainkan oleh Gabungan TNI Polri NTB pada saat Rapim TNI di Cilangkap Jakarta.

Selain itu, Farid juga menghimbau kepada anggota TNI dan Polri agar mewujudkan ikrar yang diucapkan bersama tadi untuk selalu menjaga netralitas TNI Polri sehingga pelaksanaan Pilkada serentak dapat berjalan aman dan demokratis.

“Jika ada tentara yang ditemukan oleh anggota Polri atau masyarakat berbuat tidak netral dengan mendukung atau berpihak atau melibatkan diri kepada salah satu pasangan calon atau Parpol agar segera dilaporkan kepada kami dan begitu juga sebaliknya”, harapnya.

Diakhir sambutannya, Danrem mengajak untuk peserta untuk menyiapkan fisik dan mental selama Pilkada dan apabila Negara memanggil, kita sudah siap untuk melaksanakan tugas dalam bentuk apapun, pungkasnya.

Apel sinergitas gabungan tersebut dipimpin oleh Kapolda NTB Brigjen Pol Firli, bersama Danrem 162/WB Kolonel Inf H. Farid Makruf, MA., yang dihadiri Kabinda NTB, Danlanal Mataram, Danlanud Remb, Sekda Provinsi NTB, Ketua KPU Provinsi NTB, Kepala BNN Provinsi NTB, Ketua Bawaslu Provinsi NTB, Ketua DPRD Kota Mataram, Dansat Brimob Polda NTB, Anggota DPR RI H. Wilgo Zainar, Dandim se Pulau Lombok, kapolres se Pulau Lombok dan ikuti seluruh personel jajaran TNI se pulau Lombok, Polda NTB dan jajaran serta dari aparat pemerintah daerah.

Adapun tema yang diangkat dalam apel sinergitas TNI Polri tersebut “Dilandasi dengan Sinergi, Soliditas, dan Profesionalisme TNI dan polri siap mengamankan Pilkada Serentak 2018 dan Tahapan Pemilu 2019 dalam Rangka Mewujudkan Kelangsungan Pembangunan Nasional”.(K1/*)

Beri Komentar Di Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *