oleh

Ciptakan Peserta Didik Terampil, SMKN 1 Maluk Gelar Mou dengan LPKS Rum Inovasi Teknik

Maluk,KMCNews  – Mewujudkan anak didik yang berjiwa saing dan berskill dengan kompotensi, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 (SMKN 1) Maluk, mengadakan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Lembaga Pelatihan Keterampilan Swasta (LPKS) RUM Inovasi Teknik yang berkolaborasi dengan PT Rezza Utama Mandiri (RUM), Selasa (16/2).

Dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU), dengan tujuan kerja sama untuk meningkatkan mutu Pendidikan, Pembinaan dan Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Berbasis Kompotensi Link and Match dengan Industri.

Kepala SMKN 1 Maluk, Muhammad Yasin, S.Pd dalam sambutanya menyampaikan, sebelumnya pihak sekolah bersama LPKS Rum Inovasi Teknik sudah melakukan komunikasi tentang rencana peningkatan dan strategi terwujudnya untuk peserta didik yang berdaya saing dengan kemampuan keterampilan yang bersertifikasi.

“Ada 3 poin dalam MoU kesepakatan kami yaitu live skil kendaraan ringan, Otomotif serta siswa praktek kerja lapangan (PKL) yang akan ditempatkan di perusaha RUM dan dibina langsung melalui LPKS Rum Inovasi Teknik” jelas, Kepsek Yasin.

Sementara itu, Kepala LPKS Rum Inovasi Teknik, Yutphi Iriandi, ST menyampaikan perana pendidikan vokasi (Ketermpilan) diera sekarang sangat dibutuhkan, dimana calon tenaga kerja yang mempunyai keahlian (Skill) siap pakai termasuk didunia pertambangan.

Dalam kesepakatan bersama dengan SMKN 1 Maluk, LPKS Rum Inovasi Teknik mempunyai tanggung jawab yaitu menciptakan peserta didik yang berkompeten dengan jiwa mandiri dan berketerampilan sesuai dengan program pendidikan formal.

Ditambahkan, Yutphi selain dari SMKN 1 Maluk, LPKS Rum Inovasi Teknik telah melaksanakan MoU dengan SMKN 1 Taliwang dan akan lanjutkan MoU dengan SMKN 1 Buer, SMKN 2 Sumbawa Besar dan SMKN 2 Kota Bima.

“Peserta yang telah dinyatakan lulus akan diberikan sertifikat terakreditasi dari Lembaga Akreditasi Lembaga Pelatihan Kerja (LA-LPK) dan Badan Nasional Sertifikasi Pendidikan (BNSP)” papar, Yutphi, Dirut PT RUM.

Dijelaskan Yutphi, proses belajar mengajar di LPKS itu sudah disesuiakan dengan materi yang diprogramkan berdasarkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dari Kementrian Tenaga Kerja.

Program lain LPKS Rum Inovasi Teknik diantaranya Welding (Pengelasan), Kelistrikan, Konstruksi, Refrigerasi (AC), Mesin Perkakas (Bubut), Desain and Drawing, K3 Umum, Operator Alat Berat (Forklift, Crane, Excavator, Loader, Bulldozer ) dan Scafolding

“Didalam MoU itu sudah jelas. Proses belajar lebih lama dilapangan (praktek) dan bagi peserta unggul akan dipekerjakan langsung di PT Rum bahkan rencananya kami sekolahkan” tutup, Yutphi, Mantan Guru SMK itu.(K-If)

Komentar

Komentar Anda

Berita Lainnya