Calo Suara Bergentayangan, Hati-Hati Bagi Caleg Pemula

KMCNews, Sumbawa Barat – Tahapan kampanye pemilihan umum serentak yaitu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta pemilihan anggota Legislatif saat ini sedang berlangsung.

Para tim sukses, relawan serta tim pemenangan masing-masing kandidat terutama pemilihan calon legislatif baik pemilihan tingkat DPRD Kabupaten / Kota, DPRD Provinsi maupun DPR-RI serta DPD (senator) juga tidak kalah sibuknya.

Mulai dari pemasangan spanduk, baliho maupun mendirikan posko pemenangan kandidat (caleg) yang diusungnya ditempat yang dianggap strategis.

Pantauan KMCNews fenomena yang menarik yaitu bergentayangan “calo suara” di hajatan pesta demokrasi yang berlangsung setiap 5 (lima) tahun sekali itu.

Para “pelacur politik” ini cenderung menyasar sasarannya yaitu para caleg pemula atau pendatang baru di kancah politik, dengan cara mendatangi rumah atau posko pemenangan sang caleg.

Selain pemilihan Legislatif, event Pilkada juga mereka manfaatkan untuk meraup rupiah dengan cara menjanjikan mampu menggalang dan mengumpulkan suara konstituen untuk pemenangan calon anggota legislatif atau pasangan yang maju bertarung di Pilkada. .

Sementara itu salah satu warga Sumbawa Barat, berinisial HR (29) saat bincangnya dengan KMCNews, Jum’at (23/11) tidak menampik kondisi itu.

“Setelah pergi menjumpai caleg A, mereka juga pergi ke Caleg B hingga seterusnya dengan bahasa meyakinkan lakukan PHP (pemberi harapan palsu),” tuturnya.

Ia juga menganggap lumrah hal itu terjadi, bukan di sini (KSB red) saja fenomena itu berlangsung namun menurutnya hampir semua daerah di Indonesia bila saat musim Pileg dan pilkada tiba.

“Di sinilah dituntut kejelian dan kecerdasan seorang caleg, bila ada pihak yang datang menjumpainya dan mengaku mampu menggalang atau mengumpul suara dalam partai besar, langkah atau sikap yang paling tepat diambil oleh caleg yakni mengabaikannya atau menyuruh pulang.

“Sebaliknya jika ada pihak yang datang mengatakan memberi dukungan suara yakni dari keluarganya saja, terimalah itu yang mendekati kejujuran” paparnya. (K D)

Beri Komentar Di Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *