Bupati : Pemerintah KSB Komit Meningkatkan Pendidikan

KMCNews, Sumbawa Barat – Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M memastikan bahwa Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat sangat komit dengan keberhasilan peningkatan pendidikan di KSB.

Demikian diungkapkan Bupati saat membuka Temu Inovasi Gelar Pendidikan KSB di Aula SMAN 1 Taliwang, Rabu pagi (14/11/2018). Dikatakan Bupati, Pemerintah Daerah sangat komit membantu anak anak, ibu guru sehingga penyelenggaraan pendidikan di KSB bisa berhasil. Bupati pun berharap kepada Bapak Ibu Guru untuk terus berinovasi menyampaikan ilmu kepada anak-anak secara efektif dan efisien sesuai tumbuh kembang dan karakter anak-anak.

Bupati juga mengamini Senior Sub. Nasional Implementation Advisor Inovasi, Nasilius Bengoteku agar siswa membaca buku berjenjang. Bukan saja buku berjenjang, namun juga semua aspek. Jangan sampai anak-anak pintar nyanyi lagu cinta, padahal itu bukan waktunya. Pemerintah Daerah berterimakasih kepada Tim Inovasi yang bekerja keras di KSB. Selamat juga kepada pemenang Lomba Inovasi Belajar hari ini. Terlepas siapa yang menang dalam acara ini, jadikan kegiatan ini sebagai motivasi. Juara bukan segala-galanya. Terus berinovasi dan berkarya dengan metode yang efektif dan efisien yang mudah dipahami anak-anak..

Sebelumnya, Senior Sub Nasional Implementation Advisor Inovasi, Nasilius Bengoteku mengatakan, Inovasi mengucapkan terimaksih kepada Pemeirntah KSB. Sejak 2016 Bapak Bupati membuka jalan untuk Inovasi di KSB hingga hari ini dan sampai 2019. Sejak tahun 2016, laporan dari Distrik Fasilitator KSB, bahwa mitra Inovasi di KSB sebanyak 100-an sekolah. Fokus inovasi adalah membantu khususnya adalah membaca, berhitung dan inklusi, baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah.
‘’Kedepan diharapkan sekolah dapat membeli buku bacaan anak-anak berjenjang, buku tersebut sedang disusun dan akan dilokakaryakan di Kementerian Pendidikan Jalan Gunung Sahari sehingga secepatnya juga bisa diedarkan ke daerah-daerah,” kata Nasilius.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga KSB, Agus, S.Pd dalam laporannya menyampaikan, ada 33 Sekolah Dasar yang menjadi mitra Inovasi pada tahun 2018. Dikpora bersama Inovasi melakukan beberapa kegiatan peningkatan kualitas untuk kelas awal yakni kelas 1, 2 dan 3, yakni literasi dan numerasi inovasi, workshop guru baik, belajar aktif inklusif dan kontekstual, lomba inovasi belajar serta temu inovasi dan gelar karya pada hari ini. Kegiatan ini untuk memberikan wadah untuk mengekspose apa saja yang dilakukan para guru tahun 2018 ini.

Lanjut Agus, Sasarannya adalah Kepala Sekolah dan para guru sebagai ujung tombak satuan pendidikan. Tujuannya, menemukan masalah dan mengembangkan solusi belajar untuk diterapkan kepada peserta didik guna peningkatan hasil belajar peserta didik. ‘’Yang kita saksikan hari ini adalah karya inovatif dari hasil kerja gotong royong para guru di KSB yang bekerja ikhlas, jujur dan sungguh-sungguh meski sampai hari ini masih ada sekolah kita yang belajar di bawah tenda akibat dari gempa bumi lalu,’’ kata Agus S.Spd.

Diakhir acara, Bupati menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba Temu Inovasi dan Gelar Karya Tahun 2018, sebagai juara pertama adalah Nurhasanah, S.Pd dari SDN 10 Taliwang dengan judul karya Tepi’ Ajaib. Juara II Sri Agustini SDN 12 Taliwang dengan karya Tangkel Cerdas. Juara III Hidayati SDN Kejawat dengan karya Tutup Botol Pintar/Tubopin. Juara harapan I Rita Rupitawati, S.Pd SDN Kalimati dengan karya Kolong Plus Plus. Juara harapan II Veny Alfionita, S.Pd SDN 5 Taliwang dengan karya Pengurangan Den Punti. Juara Harapan III Sartika Dewi SDIT Al Faira dengan karya Arisan Dubes.(ADVERTORIAL HUMAS KSB)

 

Beri Komentar Di Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *