oleh

Bermodalkan Tutupan Kipas Angin Bekas, Kakek Idris Masuk Selokan Bersihkan Sampah

KMCNews, Maluk – Ikhtiar antisipasi bencana banjir saat musim hujan. Kakek Idris Sahidu (64) tidak segan masuk dalam selokan diwilayah kecamatan Maluk, Kabupaten Sumbawa Barat untuk membersihkan sampah demi kelancaran air mengalir hingga kesungai.

Inisiatif sosial ini dilakukan, agar tidak tersumbat selokan dipemukinan warga akibat banyak sampah serta potongan kayu disudut selokan.

Saat aktifitas, kakek Idris Sahidu yang ditemui media KMC Group menyatakan, kegiatan pengangkutan sampah diselokan keliling wilayah kecamatan Maluk sudah dilakukan dari kemarin dan hal ini guna antisipasi akan terjadi banjir disaat musim hujan.

“Dengan jaring bekas tutupan kipas angin, sampah saya angkat dari selokan dan setelah terkumpul, sampah ini akan diangkut sama mobil pengangkut sampah untuk dibuang ke TPS” ujar, sapaan akrab Ayah, Kakek penyelamat mata air itu.

Diketahui, Kakak Idris asal dari kabupaten Bima merantau di Sumbawa Barat sejak tahun 1998 yang aktif dalam kegiatan sosial, berharap dalam mengatasi sampah, pihak pemerintah desa khusus harus proaktif memberikan himbauan kepada warga agar menjaga kebersihan lingkungan dari sampah.

“Masalah sampah, kuncinya ada pada mobil pengangkut sampah yang ada tiap desa dan sampah yang ada depan rumah warga harus diangkut setiap hari. Saya berharap kepada warga jangan membuang sampah sembarangan terlebih diselokan karena itu akan menghalangi kelancaran air mengalir” harap, kakek Idris yang dapat nominator Kalpatura tahun 2020 dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.(K-If)

Komentar

Komentar Anda

Berita Lainnya