Air Terjun Tiu Nisung Dari Sudut Kota Sumbawa Barat

Oleh; Maskur arief hidayat (Komunitas Pecinta Wisata Desa Seloto)

Siapa bilang desa seloto miskin tempat wisata, semua terpatahkan bila melihat tempat wisata baru yang satu ini yakni air terjun tiu nisung. Wisata alam air terjun ini masih tergolong baru di kalangan masyarakat.

Air terjun tiu nisung berada di desa seloto kecamatan taliwang kabupaten sumbawa barat. Air terjun ini memiliki ketinggian yang berpariasi karena bentuknya yang memiliki dua aliran air dan bertingkat ada yang mencapai ketinggian 1 sampai 2,5 meter, dengan susunan batu yang menonjol pada bawah dan atas air terjun. Hal ini membuat air terjun tiu nisung ini menunjukkan pesona indahnya.

Rute menuju air terjun satu ini tidaklah terlalu sulit karena jaraknya tidaklah terlalu jauh dari pemukiman warga setempat, yang berjarak lebih kurang 1 km dan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi selama kurang lebih 10 menit saja, cukup gampangkan untuk dapat menikmati pesona alam air terjun yang satu ini.

Sebelum sampai ke air terjun tiu nisung wisatawan akan disuguhkan dengan megahnya embung desa seloto yang baru dibangun oleh pemerintah setempat sebagai waduk penyimpanan air irigasi terbesar dikawasan ini dengan kedalaman air mencapai 15 meter, super sekali bukan.

Setelah melewati embung, kita harus menanjaki bukit yang tidak terlalu tinggi dan akan disuguhkan dengan pemandangan hijuanya pohon-pohon pegunungan yang ada di sekitarnya,sungguh kenikmatan mata memandang yang tiada duanya.

Mungkin anda mengira kita sudah sampai setelah melewati bukit tersebut, kita masih punya wisata alam satu lagi sebelum sampai pada air terjun tiu nisung, wisatawan akan disambut oleh kolam air sungai tiu bantul barulah kita sampai pada air terjun tiu nisung. Selain menikmati pemandangannya wisatawan juga bisa mandi di kolam air sungai tiu bantul, jangan khawatir bila anda tidak bisa berenang karena airnya tidak terlalu dalam.

Pesona wisata alam di desa seloto yang satu ini sungguh luar biasa, karena selain bisa bermain air wisatawan juga bisa berfoto selfie dan mencari view yang indah pada sekitar tempat wisata.

Air terjun tiu nisung ini bersumber dari mata air pegunungan samponak yang airnya langsung mengalir ke sungai. Di sekitar lokasi air terjun tiu nisung ini wisatawan juga dimanjakan dengan pemandangan alam yang hijau dan nuansa yang sejuk.

Dilokasi wisata alam air terjun tiu nisung ini belum ada fasilitas seperti warung jadi lebih baik wisatawan diharapkan membawa bekal sendiri.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati pesona indah air terjun tiu nisung ini, anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih dalam artinya GERATIIIIIISSSSS,

Selamat Mencoba untuk berkunjung teman-teman.

Beri Komentar Di Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *